Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ini Cara Hindari Kerugian dalam Pengiriman Barang


PARA pelaku usaha sering mengalami berbagai tantangan dalam berjualan online. Salah satunya, pesanan (barang) hilang atau rusak ketika dikirim ke pembeli.

Untuk menghindari kerugian dalam pengiriman barang, Tokopedia menyediakan layanan asuransi pengiriman yang dapat digunakan oleh para penjual di Tokopedia.

Asuransi itu untuk mengurangi risiko kerugian bagi para penjual dan memberikan rasa aman bagi para pembeli yang berdampak pada pertumbuhan bisnis mereka.

Tokopedia melalui Sales and Operations (Logistics) Senior Lead Tokopedia, Joe Kevin Joviand membagikan beberapa manfaat asuransi pengiriman barang yang didapatkan oleh penjual maupun pembeli:

1. Pengembalian Dana 100% dari Harga Produk
Tidak dapat dipungkiri, akan selalu ada risiko dalam berjualan, salah satunya yaitu terjadi kendala dalam pengiriman. Kendala itu dapat berupa kerusakan atau kehilangan barang pada saat proses pengiriman kepada pembeli.

Sebagai jawaban atas kemungkinan terjadinya risiko-risiko tersebut, Tokopedia menyediakan Layanan Asuransi Pengiriman yang menguntungkan pihak penjual dan pembeli.

Penjual akan lebih aman jika mengaktifkan Layanan Asuransi Pengiriman dengan pengembalian dana 100% dari harga produk dan biaya pengiriman.

Namun, bila Layanan Asuransi Pengiriman tidak aktif maka penjual hanya menerima refund sebesar 10x ongkos kirim (maksimal Rp 1.000.000 atau seharga barang dengan pemilihan nominal yang paling rendah di antara keduanya).

Penjual dengan status Official Store (OS) secara otomatis Layanan Asuransi Pengiriman sudah aktif untuk semua transaksi dan pembeli tidak dibebankan biaya.

"Sedangkan bagi penjual non-OS, terdapat pilihan untuk mengaktifkan mandatory insurance atau pilihan bebas sesuai keinginan pembeli,” ucap Kevin.

2. Pembeli Tidak Dibebankan Biaya Retur
Jika barang yang telah dibeli sampai, tetapi produk yang diterima pembeli tidak sesuai atau rusak, pembeli bisa saja kecewa.

Terlebih lagi jika harus menanggung ongkir ketika retur.

Namun, risiko ini akan mudah ditangani jika pembeli menyetujui Layanan Asuransi Pengiriman yang telah diaktifkan oleh penjual.

Sejauh ini, sudah banyak pembeli yang memanfaatkan Layanan Asuransi Pengiriman ketika berbelanja di Tokopedia.

Menurut data temuan Tokopedia di sepanjang tahun 2022, beberapa wilayah populer dengan peningkatan jumlah pembeli yang memanfaatkan layanan ini tersebar di Kota Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, dan Medan.

“Dengan mengaktifkan Layanan Asuransi Tokopedia, pembeli tidak akan dikenakan biaya retur. Kami harap layanan ini memberikan pengalaman transaksi yang aman dengan memberikan pelayanan perlindungan pengiriman barang, baik itu bagi penjual maupun pembeli,” ujar Kevin. (*)

Auto Europe Car Rental