Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membayar Parkir Motor di Lippo Plaza Sidoarjo

KARENA tergesa-gesa, seorang bapak-bapak langsung saja keluar Lippo Plaza Sidoarjo, dan menuju tempat dia meletakkan motor di tempat parkir. Dia mengambil motornya, menuju jalur keluar yang sudah ada. Tapi….palang parkir tidak mau terbuka, dan di pintu keluar parkir itu, tidak ada penjaganya.

Tentu saja, bapak ini kebingungan. Apalagi, di belakangnya, berderet banyak motor hendak keluar. Dan, seperti biasa, kelakuan bangsa kita, tidak sabaran. Bunyi klakson bertalu-talu. Bukannya membantu malah bikin bapak itu semakin panik saja.

Beruntung ada, petugas parkir yang berlari mendatangi pintu keluar motor ini. “Kenapa saya tidak bisa keluar, kenapa palang nggak mau naik. Saya mau bayar tidak ada orang,” katanya kepada petugas yang datang.

Si petugas ini cukup sabar. Dia meminta si bapak turun dari motor, dan dia mengambilalih motor itu, meminggirkannya sehingga motor di belakangnya bisa keluar. Satu per satu motor keluar. Pengendaranya menempelkan kertas ke sebuah alat di dekat palang.

“Sekarang, bayar parkir motornya di dalam mal, Pak. Ada petugas di setiap pintu masuk atau keluar, dan Bapak tinggal bayar di situ. Jadi, begitu keluar, tinggal tempel kertas kecil yang ada barcodenya itu,” kata si petugas kepada si bapak.

Si petugas kemudian meminta kertas itu. Dia meminta si bapak menunggu dan dia yang akan membayarkannya ke dalam mal. Cerita ini kenyataan, bukaan rekaan admin wargadarjo.net. Kasihan juga kepada si bapak yang, maaf, agak gaptek. Tapi, memang harus dimaklumi.

Sistem perparkiran di Lippo Plaza Sidoarjo sudah menggunakan digital. Pengguna cukup membayar langsung parkir kepada petugas, atau memakai aplikasi Ovo, yang memang bekerjasama dengan layanan parkir di mal di dekat gerbang tol Sidoarjo itu.

Prosedur parkir motornya seperti di bawah ini :
  •     Ketika masuk, akan terdengar suara selamat datang dari mesin parkir.
  •     Silakan memencet tombol warna hijau di sisi kanan motor berada, di jalur parkir motor itu.
  •     Nanti akan keluar karcis atau tiket parkir motor, dalam bentuk kertas kecil berisi barcode (gambar garis-garis berisi kode tertentu).
  •     Silakan Anda memilih dan meletakkan motor di tempat parkir yang telah di sediakan, di bagian timur area mal. Ya, khususnya buat motor ya.
  •     Untuk pembayaran parkir, Anda bisa membayar saat masuk mal, atau ketika keluar mal, di pintu masuk/keluar.
  •     Anda bisa membayarnya langsung dengan uang tunai, atau menggunakan aplikasi Ovo.
Scan QR Code
– Buka aplikasi OVO, kemudian klik menu scan
– Scan QR di kasir
– Akan muncul notifikasi pembayaran di aplikasi OVO
– Jika transaksi pembayaran lebih dari Rp 100 ribu, kamu perlu mengonfirmasinya dengan password.



Scan Barcode
– Buka aplikasi OVO, kemudian Klik menu Scan
– Tunjukkan barcode ke kasir untuk dilakukan proses scanning
– Notifikasi pembayaran akan masuk ke aplikasi OVO

CATATAN : Ingat, jangan sampai tiket atau karcis parkir Anda hilang ya. Urusannya bisa panjang. Kalau tidak mau hilang, silakan karcisnya difoto dengan ponsel kamu.