VENTENY Hadir di iOS Target Jadi Employee Super-App
PERUSAHAAN teknologi pengusung employee happiness VENTENY (PT VENTENY Fortuna International) resmi meluncurkan aplikasinya di platform iOS. Setelah hadir di Indonesia tahun 2019, VENTENY saat ini sudah memiliki 180.000 exclusive members dari lebih dari 140 perusahaan atau corporate partners.
Basis pengguna tersebut berkontribusi pada pendapatan perusahaan yang tumbuh hingga 200% di tahun 2021. VP Brand Communication VENTENY, Riko Simanjuntak menjelaskan strategi perusahaan yang secara simultan menggarap dua segmen.
Bagi segmen korporasi (B2B), Business Acceleration Program jadi andalan, yaitu akses pembiayaan bagi perusahaan untuk meningkatkan bisnisnya. Perusahaan menengah dan kecil masih sering kesulitan mendapatkan modal.
"Biasanya karena keterbatasan memenuhi syarat-syarat pembiayaan yang dianggap rumit. Untuk itu, VENTENY menjadi penghubung bagi keduanya.” jelas Riko.
Sementara bagi segmen kedua, yaitu business-to-business-to-employee atau B2B2E, VENTENY berkomitmen menjadi employee super-app yang menjawab kebutuhan personal karyawan.
VENTENY punya V-Merchant untuk kebutuhan gaya hidup, V-Academy untuk pengembangan skill, dan belakangan ini ditambah V-Insurance untuk penyediaan asuransi. Ketiga layanan bisa digunakan setiap karyawan langsung dari aplikasi.
Selain tiga layanan, ada layanan V-Nancial yaitu fasilitas penyaluran dana dari perusahaan yang bisa dimanfaatkan karyawan secara khusus setelah perusahaannya bekerjasama dengan VENTENY. Biasanya berguna untuk dana darurat.
Sebagai perusahaan teknologi, VENTENY selektif menjalin kerjasama dengan partner-partner terpercaya dan punya basis pengguna yang solid. Seperti, untuk layanan Business Acceleration Program dan V-Nancial, VENTENY bekerjasama dengan penyelenggara layanan keuangan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
“Dampaknya, tidak hanya pada peningkatan exclusive members, tapi juga pengguna apps VENTENY juga tumbuh signifikan hingga 15x lipat di tahun ini. Artinya, di luar perusahaan, individu semakin tanggap dan mandiri dalam memenuhi kebutuhan profesional dan personalnya sebagai pekerja.” jelas Riko.
Terkait prospek bisnis di tahun 2022, VENTENY menilai wilayah Asia Tenggara merupakan market yang cemerlang, di mana perusahaan kecil dan menengah (Small to Medium Company) berpotensi menjadi tulang punggung perekonomian negara.
Menurut data Asian Development Bank, kontribusi perusahaan SME di Indonesia terhadap GDP (Gross Domestic Product) mencapai 61%. Perusahaan SME dinilai dapat menyerap jutaan tenaga kerja.
Situasi ini melahirkan lebih banyak tantangan lain, seperti kompetisi menjaring talent terbaik, retensi karyawan, masalah produktivitas, serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat.
“Dalam beberapa tahun ke depan, SME akan menjadi pusat perekonomian, jika SME berkembang, maka perekonomian negara ikut berkembang,” tukas Founder dan CEO Group VENTENY Junichiro Waide.
Karyawan merupakan penggerak utama bisnis perusahaan, untuk itu perusahaan perlu lebih fokus dalam menjaga motivasi dan kebahagiaan mereka sebagai individu. Perusahaan harus lebih terbuka menerapkan inisiatif-inisiatif yang menyasar tantangan itu.
"Di sini lah VENTENY hadir untuk menjadi solusi bagi perusahaan tanpa harus mengeluarkan budget besar dan tenaga besar untuk membangun sistem.” jelas Jun.
Di tahun 2022, VENTENY berencana melakukan berbagai strategi yang masif dengan fokus utama menggarap segmen business-to-business-to-employee atau B2B2E.
Pertama, VENTENY akan mengupayakan pemerataan layanannya di daerah-daerah lain di Indonesia, yaitu Jawa Timur, Sumatera, Bali, Kalimantan, hingga Indonesia Timur, melengkapi area jangkauan VENTENY saat ini yang sudah ada, yaitu Jabodetabek, Palembang, Lampung, Surabaya, dan Banjarmasin.
Kedua, VENTENY tengah mempersiapkan program My Benefits, yang didesain khusus berdasarkan orientasi divisi HR (Human Resources) atau SDM (Sumber Daya Manusia) di perusahaan.
Selama ini, divisi HRD kerap menemui dilema dalam menemukan titik tengah antara kebutuhan karyawan dan kemampuan perusahaan, biasanya karena anggaran dan sumber daya yang terbatas.
My Benefits mengusung skema subscription yang dibayarkan perusahaan untuk para karyawannya. Karyawan dapat menggunakan fitur-fitur VENTENY yang eksklusif, dan tidak bisa dinikmati pengguna biasa.
Hal ini dapat membantu HRD melakukan efisiensi anggaran internal dan eksternal, misalnya untuk anggaran pelatihan, asuransi, hingga penyediaan perks atau fasilitas-fasilitas penunjang gaya hidup.
Menyambut periode paska-pandemi, VENTENY melihat kebutuhan karyawan akan semakin berkembang dari hari ini. Karyawan akan lebih kritis dalam memilih perusahaan terbaik untuk berkarir.
Pelaku industri akan semakin agresif dalam mencari talent terbaik yang bisa mengakselerasi tujuan perusahaan. Sehingga, perusahaan perlu mengantisipasi situasi tersebut dari sekarang dengan meningkatkan daya saing.
Tentang VENTENY
Pertama kali diperkenalkan di pasar Filipina pada tahun 2015, melalui kantor operasional VENTENY Inc, VENTENY telah berhasil meraih penghargaan-penghargaan bergengsi 3 tahun pertama operasionalnya seperti: Top 100 Start Up oleh Echelon (2017), Champion Financial Innovation Business Conference and FinTech Summit 2017. Selain mendapatkan penghargaan tersebut, di bulan April 2015 VENTENY Inc mendirikan VENTENY PTE LTD di Singapura, yang merupakan langkah awal strategis untuk memasuki Indonesia.
Pada 2019, VENTENY secara resmi beroperasi di Indonesia dengan nama PT VENTENY Matahari Indonesia. Secara efektif dan efisien di tengah pandemi COVID-19, PT VENTENY Matahari Indonesia telah menorehkan kesuksesan dengan berhasil meningkatkan kinerja bisnis setiap bulannya. Kondisi ini mendorong perusahaan untuk untuk memindahkan holding company dari Singapura ke Jakarta.
VENTENY hadir untuk mengakomodir berbagai kebutuhan karyawan di Indonesia. Melalui program berbasis teknologi, VENTENY mendukung perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk mencapai percepatan kinerja.
VENTENY bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menyelenggarakan beberapa layanannya, seperti Program Teknologi Keuangan (V-Nancial), Program Asuransi Berbasis Teknologi (VENTENY Insurance & Protection Program) atau “VIP”, Program Keuntungan Karyawan (V-Merchant), dan Program Pendidikan Berbasis Teknologi (V-Academy).
Layanan VENTENY sudah menjangkau lebih dari 250.000 pengguna di Filipina dan lebih dari 180.000 pengguna di Indonesia. Aplikasi VENTENY dapat diunduh di Google Play Store bagi pengguna Android dan akan segera tersedia di App Store bagi pengguna iOS.