Proton, BMW, Toyota Merintis dengan Menjiplak Merek Lain
Semula, dulu Mahathir Muhammad yang menginisiasi soal proyek mobnas tahun 1979 dan akhirnya Proton dibahas dan disetujui kabinet tahun 1982 dan dibentuk holdingnya pada 1983. Mobil pertama mereka meluncur 1985 dengan merek Proton Saga. Buatan sendiri? Ya, tentu saja tidak, copycat kok, alias menjiplak.
Mereka dari awal bekerjasama dengan Mitsubishi, alhasil Mitsubishi Lancer plus enginenya yang digunakan waktu itu. Menjiplak atau meniru itu hal lumrah dalam proses transfer teknologi, termasuk membuat mobil. (Legislatif mau bikin UU baru, pasti akan melihat UU yang hampir sama yang dibuat negara lain (admin)). Ini bahkan untuk sekelas proyek mobnas yang diinisiasi negara loh ya, beda dengan Esemka yang murni swasta.
Proton baru bisa bikin model sendiri tahun 2000 lewat Proton Waja. Artinya, 15 tahun setelah mengeluarkan model yang pertama. Cek ya, 15 tahun cuy, tidak ujug-ujug atau tiba-tiba mampu mendesain sendiri. Kalau diproyeksi ke Esemka, kira-kira nanti tahun 2034, Esemka kemungkinan bisa melahirkan desain sendiri. Jadi, santuy saja kalau melihat Esemka sekarang masih menjiplak A atau B.
Mesin sendiri? Lebih jauh lagi. Campro baru muncul tahun 2004. Itupun hasil kolaborasi bareng Lotus, jadi kalau mau dibuat hitam putih kasar, tidak murni itu dari Proton sendiri, karena ada tim Lotus yang membantu develop. Kalau diproyeksi ke Esemka, kira-kira tahun 2038 baru Esemka bisa buat engine sendiri.
Tidak cuma Proton, BMW pun mirip. Awal berjualan mobil pada 1928, BMW mengakuisisi Fahrzeugfabrik Eisenach dan nge-rebadge mobilnya, Dixi, yang didesign Austin Motor, menjadi BMW model 3/15. Baru tahun 1932 akhirnya BMW berhasil membuat desain dan mobil pertamanya. Jadi bahkan yang sekelas BMW perlu waktu.
Toyota, ada yang tidak kenal? Di awal-awal, tidak jauh beda. Tahun 1935 waktu pertama kali meluncurkan produk, enginenya mengambil dari Chevrolet, chassis dari Ford, body dari Chrysler DeSoto. Jadi, kalau sekarang, banyak yang nyinyir Esemka jiplak, just ignore it. BMW dan Toyota juga awalnya seperti itu. Tidak perlu kecil hati.
At least, bakal ada tenaga kerja kelas SMK yang terserap. Ada tambahan tempat buat mereka belajar mengembangkan diri. Ada ratusan atau ribuan orang yang ikut terlibat memasok komponen lokal. Not bad kan? At least, mereka mampu membuka kesempatan kerja untuk banyak orang. (Kalau kamu, apa sudah berguna bagi orang lain - admin).
![]() |
Foto : detik |
Sumber : Aldie (@el_kaezzar), 7 September 2019.