Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kampanye Play Unstoppable: Bangkitkan Semangat Anak Perempuan dengan Brick by Brick!


STUDI global baru oleh The LEGO Group menemukan bahwa ketakutan akan kegagalan, tekanan untuk mencapai kesempurnaan, dan pengetahuan tentang bahasa sehari-hari dapat memainkan peran penting dalam menghambat kepercayaan diri kreatif dari anak perempuan.

Kampanye Play Unstoppable dari The LEGO Group bertujuan untuk merayakan potensi tak terbatas anak perempuan dan mendorong mereka untuk bereksperimen dan mengekspresikan diri secara kreatif.

The LEGO Group meluncurkan kampanye Play Unstoppable - sebuah kampanye yang bertujuan untuk mendorong anak perempuan untuk bereksperimen dan mengekspresikan diri secara kreatif.

Penelitian global menemukan bahwa kepercayaan diri dan kreativitas anak perempuan dipengaruhi oleh societal pressure (tekanan sosial) yang menuntut mereka untuk senantiasa menjadi sempurna.

Sebagai bagian dari kampanye Play Unstoppable dari The LEGO Group, telah dilakukan survei terhadap lebih dari 61.500 orang tua dan anak usia 5 hingga 12 tahun di 36 negara termasuk Indonesia dalam Play Well 2024 Research terbarunya.

Survei ini mencakup pertanyaan yang menyoroti kepercayaan diri kreatif anak-anak serta pentingnya faktor-faktor seperti ketakutan akan kegagalan, tekanan untuk menjadi sempurna, dan penggunaan bahasa dalam mempengaruhi kreativitas mereka.

Play Well Study menunjukkan dampak kesempurnaan dan bahasa terhadap kepercayaan diri kreatif
Didefinisikan sebagai keberanian untuk mencoba dan menerima kegagalan saat mengembangkan ide-ide baru, kepercayaan diri kreatif dapat memengaruhi anak-anak hingga dewasa.

Namun, Play Well 2024 Research mengungkapkan bahwa bahkan anak perempuan berusia lima tahun pun sudah mengalami penurunan kepercayaan diri kreatif akibat tekanan untuk mencapai kesempurnaan dan pengaruh bahasa sehari-hari.

Pada usia muda ini, tiga perempat (76%) merasa percaya diri dalam kreativitas mereka, namun hal ini menurun seiring bertambahnya usia. Dua pertiga dari semua anak perempuan sering merasa khawatir untuk berbagi ide mereka.

Hal ini diperberat oleh beban perfeksionisme dan kecemasan akan membuat kesalahan (72%). Anak perempuan berusia 5 hingga 12 tahun mengatakan bahasa yang mereka dengar membuat mereka merasa seolah-olah mereka tidak diperbolehkan untuk bereksperimen dan melakukan kesalahan (71%), atau memperkuat kebutuhan akan kesempurnaan (73%).

Namun, 80 persen mengatakan bahwa mereka akan lebih berani untuk mencoba hal-hal baru jika kesalahan yang diperbuat justru dipuji lebih banyak sebagai peluang untuk belajar, dan anak perempuan mengatakan bahwa mereka merasa terdorong oleh pujian growth-mindset seperti 'imaginatif', 'berani', dan 'menginspirasi'.

Membangun Kepercayaan Diri Kreatif melalui Bahasa Sehari-hari
Untuk membantu keluarga dalam menumbuhkan kepercayaan diri kreatif melalui kekuatan bermain dan bahasa sehari-hari, peneliti parenting yang berlatar belakang Harvard dan penulis terlaris Jennifer B Wallace telah bekerja sama dengan The LEGO Group untuk meluncurkan panduan parenting ‘10 Steps to Fostering Creative Confidence’.

Dalam panduan ini, Ia memberikan tips tentang cara menumbuhkan kepercayaan diri kreatif, seperti menjadi lebih sadar akan stereotip gender saat berbicara tentang ide-ide kreatif. Misalnya, menggunakan kata-kata seperti "jenius", "pintar" dan "berani" untuk mendeskripsikan pekerjaan anak laki-laki, atau "cantik", "lucu" dan "cantik" untuk mendeskripsikan pekerjaan anak perempuan.

Sebagai gantinya, Wallace menyarankan untuk menggunakan campuran kata-kata tersebut, dan mendorong anak-anak untuk bertanya dan mempertanyakan stereotip sosial ini.

The LEGO® System in Play sangat dihargai oleh anak perempuan sebagai cara untuk bereksperimen (90%). Secara khusus di Indonesia dan dari 643 anak yang disurvei, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa 96 persen mengatakan bahwa bermain LEGO membantu mereka mengatasi ketakutan akan kesalahan, 97 persen merasa lebih percaya diri dalam keterampilan kreatif mereka, dan 96 persen merasa ini membantu mereka belajar bahwa kemajuan lebih penting daripada kesempurnaan.

Dalam era yang semakin dipengaruhi oleh AI, kreativitas menjadi kekuatan yang membedakan kita dari yang lain. Bermain dengan LEGO, baik itu dengan kebebasan kreatif maupun mengikuti petunjuk, membantu mengembangkan keterampilan penting yang relevan bagi semua anak di dunia saat ini.

Melalui proses membangun dan merakit kembali LEGO bricks, ini membentuk fondasi bagi kepercayaan diri kreatif, keberanian, dan keyakinan diri. Ini adalah kunci, karena ketika anak perempuan memiliki ruang dan kebebasan untuk mengekspresikan diri secara penuh, mereka menjadi tak terhentikan.

"Mereka menjadi penemu yang gemar bermain, ilmuwan yang penuh dengan rasa ingin tahu, pemimpi dan petualang yang berani - dan itulah yang kita rayakan dengan gerakan Play Unstoppable," ujar Alero Akuya, VP Brand Global di The LEGO Group.

Membangun Kepercayaan Diri Kreatif Melalui Bermain
Melalui bermain kreatif, The LEGO Group berharap dapat menggali kepercayaan diri kreatif anak perempuan dengan membebaskan mereka dari tekanan untuk menjadi sempurna dan menikmati kebebasan untuk Play Unstoppable.

Dengan portofolio LEGO play yang lebih luas yang mencakup berbagai minat dan passion, anak perempuan dapat menciptakan dunia-dunia tak terbatas di berbagai tema seperti LEGO Friends, Disney Princess™, Creator, Classic, DREAMZzz™, Harry Potter™, Minecraft®, Gabby's Dollhouse, dan tema Animal Crossing™ yang baru.

Sebagai contoh, tema LEGO Friends dirancang untuk memainkan berbagai adegan berdasarkan pengalaman nyata, termasuk interaksi dengan isu-isu lingkungan seperti penanaman pohon, konservasi hewan, dan kendaraan listrik.

Anak-anak bahkan dapat menggabungkan set-set yang berbeda untuk membuat sebuah kawasan tetangga Friends yang lengkap untuk dimainkan!

Di sisi lain, LEGO DREAMZzz™ menampilkan set bangunan inovatif yang menggunakan petunjuk berdasarkan cerita untuk mengajak anak-anak beraksi dan memberdayakan mereka dengan kebebasan untuk menciptakan makhluk-makhluk dan kendaraan fantastis apa pun yang mereka impikan.

Tahun ini, beberapa set baru termasuk 42614 LEGO® Friends Vintage Fashion Store di mana para anak muda dapat bersenang-senang dengan barang-barang pakaian daur ulang sambil belajar tentang keberlanjutan; dan sebuah 43246 LEGO® Disney Princess™ Market Adventure yang detailnya membuka kemungkinan permainan tak terbatas bagi para penggemar Disney.

Nikmati tiga pengalaman membangun dan bermain yang berbeda dengan 31148 LEGO® Creator Retro Roller Skate, dan biarkan imajinasi Anda terbang dengan set fantastis 71476 LEGO® DREAMZzz™ Zoey and Zian the Cat-Owl.

Terakhir, anak-anak dapat menyesuaikan dunia Animal Crossing™ mereka sesuai dengan cerita imajinatif mereka dengan 77050 LEGO® Animal Crossing™ Nook's Cranny & Rosie's House yang nyaman menampilkan karakter-karakter tercinta dari seri tersebut.

Pada tahun ini, beberapa set baru termasuk 42614 LEGO® Friends Vintage Fashion Store di mana anak-anak muda dapat bermain dengan barang-barang pakaian daur ulang sambil belajar tentang keberlanjutan; serta 43246 LEGO® Disney Princess™ Market Adventure yang detailnya membuka kemungkinan permainan tanpa batas bagi para penggemar Disney.

Juga nikmati tiga pengalaman merakit dan bermain yang berbeda dengan 31148 LEGO® Creator Retro Roller Skate, dan biarkan imajinasi Anda melayang dengan set fantastis 71476 LEGO® DREAMZzz™ Zoey dan Zian the Cat-Owl.

Terakhir, anak-anak dapat menyesuaikan dunia Animal Crossing™ sesuai dengan cerita imajinatif mereka dengan 77050 LEGO® Animal Crossing™ Nook's Cranny & Rosie's House, dimana set ini menampilkan karakter-karakter tercinta dari seri tersebut.
Pic. 1.png

Jacinth Liew, pakar parenting dari Our Little Playnest, juga membagikan cara-cara yang dapat diambil oleh orangtua untuk menginspirasi anak perempuan mereka untuk bereksperimen, mengambil risiko kreatif, dan menerima kegagalan melalui LEGO play:

● Gunakan LEGO bricks untuk membuat patung dengan set 42604 LEGO Friends Heartlake City Shopping Mall untuk menceritakan sebuah kisah. Dalam proses perakitan, pasti akan ada rintangan, namun dengan menggunakan kreativitas untuk menyelesaikan masalah, itu bisa menjadi langkah maju untuk pertumbuhan.

● Dorong imajinasi anak dengan memberi mereka tugas untuk membangun toko pakaian futuristik dengan set 42614 LEGO Friends Vintage Fashion Store.  Dorong anak untuk berpikir kreatif dan biarkan imajinasinya mengalir dengan bebas.

Set LEGO tersedia di berbagai toko resmi LEGO®, Kidz Station, Toys Kingdom, Toys City, dan toko resmi LEGO® di Shopee, Tokopedia, Lazada, & BliBli di Indonesia.

Silakan merujuk ke PR kit untuk infografis Play Unstoppable 2024, ide-ide aktivitas bermain LEGO untuk mengembangkan kepercayaan diri kreatif pada anak perempuan, serta panduan '10 Steps to Fostering Creative Confidence'.

Kunjungi situs web LEGO Indonesia, dan merujuk ke:
● Lampiran A - Temuan utama dari Play Well 2024 Research
● Lampiran B - Rekomendasi set LEGO