Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Konten Bad Boys Vs Crazy Girls Bantu Pertumbuhan Viu


PERUSAHAAN induk, PCCW Limited melaporkan untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2022, Viu, layanan streaming video OTT pan-regional terkemuka dari PCCW yang beroperasi di 16 negara, terus memberikan pertumbuhan pendapatan yang kuat dan mencapai EBITDA positif untuk tahun pertama.

Pengguna aktif bulanan (monthly active user atau MAU) tumbuh sebesar 13% YoY menjadi 66,4 juta dan pelanggan berbayar tumbuh lebih dari 45% untuk periode yang sama menjadi 12,2 juta.

Viu tetap berada di posisi teratas dalam kategori MAU selama 12 kuartal berturut-turut dan peringkat kedua dalam pelanggan berbayar serta menit streaming di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Pendapatan Viu tumbuh sebesar 45% YoY menjadi 206 juta dollar AS pada tahun 2022.

Diluncurkan tahun 2015, Viu adalah salah satu pengadopsi paling awal di kawasan ini dengan model pendapatan ganda, langganan premium dan periklanan digital.

Dengan upaya yang konsisten dalam mendorong layanan D2C dan memperluas distribusi melalui kemitraan dengan operator telekomunikasi, mitra digital, merek, dan biro iklan di tingkat lokal dan regional, Viu melihat pertumbuhan pendapatan SVOD dan AVOD yang solid pada platform.

Laporan MPA yang baru-baru ini dirilis “SEA Online Video Consumer Insights & Analytics, Q4 2022” menggambarkan kinerja Viu untuk tahun ini sebagai berikut:

Video Online Asia Tenggara menambahkan 4,6 juta pelanggan baru berbayar pada Q4 2022, pertumbuhan kategori tertinggi sejak Q2 2021.

Viu adalah salah satu dari dua layanan OTT teratas yang mendorong sekitar 51% penambahan pelanggan yang dikumpulkan di lima pasar Asia Tenggara.

Viu telah membangun funnel akuisisi pelanggan yang kuat melalui model freemium, dengan fokus yang berkembang pada konten berbayar dan pelanggan.

Selain itu, Viu adalah salah satu dari tiga platform terkemuka di Asia Tenggara, menyumbang 52% agregat dari langganan di wilayah tersebut.

Tiga hingga lima drama Korea eksklusif Viu per kuartal di Q2 hingga Q4 mendorong pertumbuhan pelanggan, dengan konten variety show maupun drama yang terus memberikan diferensiasi kompetitif.

Upaya menghadirkan konten original dan akuisisi konten free-to-air (FTA) juga berdampak dalam mempertahankan pelanggan.

Janice Lee, CEO Viu dan Managing Director PCCW Media Group, mengatakan, konten Viu Original yang diperluas dan kemitraan distribusi yang ditingkatkan pada tingkat lokal dan regional mendorong pertumbuhan pengguna baru Viu, meningkatkan engagement, dan menghasilkan pertumbuhan yang kuat, pada SVOD dan pendapatan AVOD pada 2022.

Melihat tahun 2023, terus fokus untuk menghadirkan rangkaian penawaran konten yang hebat kepada audiens kami, dengan sebagian besar pasar kembali ke masa pra-pandemi.

"Kami bersiap untuk lebih terhubung dan engage dengan pengguna kami di luar layar mereka dengan mendekatkan para bintang kepada penggemar di berbagai pasar melalui serangkaian pengalaman dan acara live,” katanya.

Selama 2022, Viu menyajikan sejumlah drama yang paling dinantikan seperti Again My Life dengan Lee Joon-gi, Law Café yang dibintangi Lee Seung Gi, dan fenomena global, Viu Original Reborn Rich.

Viu Original yang dibintangi Song Joong-ki ini didistribusikan secara global ke lebih dari 170 negara. Viu menjamu sang bintang di Singapura untuk berinteraksi dengan media lokal dan penggemar dari wilayah tersebut.

Acara lainnya termasuk road show Viu dengan para pemeran Viu Original Pretty Little Liars (S2) Indonesia dan watchparty untuk pemutaran perdana Viu Original Again My Life di Singapura.

Tentang tren konsumsi konten, laporan MPA menyoroti bagaimana pangsa konten Asia Tenggara dari penayangan video premium diperoleh pada Q4, didorong oleh peningkatan konsumsi freemium dari judul lokal di seluruh platform termasuk Viu di Thailand.

Konten Viu Original Indonesia Bad Boys vs Crazy Girls juga dinobatkan sebagai salah satu orisinal Asia Tenggara yang berpengaruh pada Q4 dalam laporan yang sama.

Serial Viu Original lokal tidak hanya berkontribusi pada jumlah penonton, tetapi juga memenangkan beberapa penghargaan regional.

Still (Filipina), Ganjil (Malaysia) dan Wannabe (Thailand) adalah pemenang Asian Academy Creative Awards tahun lalu.

Masuk tahun 2023, dengan pertumbuhan yang baik pada MAU maupun pelanggan berbayar, strategi Viu adalah menghadirkan konten yang hebat dan lebih banyak pengalaman tatap muka kepada para penggemar sambil memanfaatkan pertumbuhan yang kuat dalam langganan premium dan pasar iklan digital di seluruh wilayah.

Tentang Viu International Limited
Viu, layanan video streaming over-the-top (OTT) pan regional terkemuka dari PCCW tersedia di 16 pasar yang tersebar di Asia, Timur Tengah, dan Afrika Selatan, dengan jumlah pengguna aktif bulanan atau Monthly Active Users (MAU) mencapai 66,4 juta pengguna per Desember 2022.

Layanan Viu tersedia untuk konsumen melalui dual model dengan layanan langganan gratis yang didukung iklan dan layanan langganan premium.

Viu menawarkan serial TV premium, film, dan program gaya hidup terbaru dengan bahasa dan subtitle lokal serta regional dalam beragam genre dari penyedia konten terbaik, serta konten original premium di bawah naungan merek “Viu Original”.

Viu juga menawarkan fitur streaming dan download untuk para pengguna, serta fitur antarmuka pengguna yang disesuaikan dengan bahasa lokal di berbagai perangkat yang terhubung. Viu dapat memberikan pengalaman menonton terbaik terlepas dari kondisi perangkat atau jaringan.

Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi Viu (tersedia gratis di App Store dan Google Play) di perangkat yang terhubung, seperti smartphone, tablet, smart TV tertentu, serta di laman web dengan masuk ke www.viu.com.

Sebagai tambahan, Viu International Limited melalui anak perusahaannya, Moov (Hongkong) Limited, mengoperasikan MOOV, layanan streaming dan konser musik yang populer di Hongkong.

Tentang PCCW Limited
PCCW Limited (SEHK: 0008) adalah perusahaan global yang berkantor pusat di Hongkong yang bergerak di bidang telekomunikasi, media, solusi IT, pengembangan dan investasi properti, dan bisnis lainnya.

Perusahaan memegang saham mayoritas di HKT Trust dan HKT Limited, penyedia layanan telekomunikasi utama Hongkong dan operator terkemuka dalam layanan telepon tetap, broadband dan komunikasi seluler.

HKT juga menghadirkan solusi terintegrasi yang menerapkan teknologi baru untuk membantu perusahaan-perusahaan dalam mengubah bisnis mereka.

HKT juga telah membangun ekosistem digital yang mengintegrasikan program loyalitas, e-commerce, travel, asuransi, FinTech, dan layanan HealthTech untuk memperdalam hubungannya dengan pelanggan.

PCCW juga memiliki grup multimedia dan hiburan yang terintegrasi penuh di Hongkong, terlibat dalam penyediaan layanan video OTT secara lokal dan di wilayah lain.

Melalui HK Television Entertainment Company Limited, PCCW mengoperasikan layanan televisi domestik gratis di Hongkong.

PCCW Solutions merupakan penyedia outsourcing teknologi informasi dan proses bisnis terkemuka di Hongkong, Tiongkok (China), dan Asia Tenggara. Selain itu, PCCW merupakan pemegang saham di Pacific Century Premium Developments Limited dan investasi luar negeri lainnya. (*)

Auto Europe Car Rental