Cara Gojek Bikin Emak-emak Makin Mudah Berbelanja
LAYANAN belanja online di aplikasi Gojek, GoMart memperluas layanan dan fitur yang semakin mempermudah masyarakat di masa pandemi seperti penambahan pilihan merchant serta produk, terutama makanan hewani dan nabati segar dan berkualitas.
"Gojek juga menambah jangkauan layanan ke berbagai kota besar di Indonesia dan peningkatan kualitas layanan, dengan menghadirkan asisten belanja Emak Jago," jelas Tarun Agarwal, Head of Groceries Gojek, dalam virtual press conferance, Kamis (15/4/2021).
Langkah ini merupakan bagian dari evolusi untuk semakin memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan belanja mingguan di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung. Sejak meluncur kembali 2019 dengan menggandeng Alfa Group, GoMart telah menjadi andalan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Selama pandemi, Gojek melihat pergeseran perilaku masyarakat dalam berbelanja groceries secara online menjadi lebih reguler. Mereka semakin mengandalkan layanan GoMart. Pertumbuhan bisnis GoMart sebanyak 7-8 kali lipat selama pandemi tahun 2020.
Hal ini membuktikan, GoMart menjadi salah satu layanan yang krusial di ekosistem Gojek. Berbagai peningkatan dan perluasan layanan serta fitur lain, seperti pilihan tipe merchant terutama yang menjual produk segar.
Setelah bermitra dengan Alfa Group, GoMart memperluas kemitraannya mulai dari merchant tradisional hingga modern dengan supermarket dan merchant lainnya seperti Lotte Mart, Giant, Giant Express, Foodhall, Sayurbox, Perum Bulog, Pasar Jaya dan Best Meat, dan lebih banyak lagi.
Layanannya menjangkau 11 kota baru di Indonesia sejak April 2020. GoMart memperluas area cakupan layanannya hingga luar Jabodetabek. Saat ini layanan belanja online GoMart sudah dapat dinikmati di termasuk, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali, Medan, Palembang, dan Makassar.
Satu-satunya layanan belanja online grocery dengan asisten belanja berpengalaman Emak Jago, siap membantu pelanggan memastikan kesegaran dan kualitas terbaik dari bahan makanan terutama produk segar merupakan bukti keseriusan GoMart dalam menjawab tantangan yang dihadapi pengguna.
Menurut Tarun, Emak Jago telah dilengkapi dengan pelatihan yang memadai untuk melayani kebutuhan belanja mulai dari menerima pesanan hingga memilih bahan segar di supermarket dan hypermarket yang menjadi merchant GoMart.
Untuk fitur baru ada, GoMart melakukan pembaruan stok harian yang hingga 4x secara otomatis di aplikasi pelanggan. Dengan fitur ini, pelanggan bisa langsung mengetahui saat produk yang ingin dibeli habis atau tidak tersedia di merchant yang dituju.
Fitur terbaru lainnya adalah chat antara pelanggan dengan Emak Jago, untuk memudahkan proses berbelanja. Evolusi baru GoMart ini mendapat sambutan positif Lotte Mart.
"Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan GoMart untuk menawarkan pilihan belanja online di Lotte Mart bagi masyarakat," tandas General Manager Online Business Lotte Mart, Tony Suryadi. (*)