Cara Pesan GoFood Tanpa Harus Kontak Fisik
APLIKASI GoFood, sebuah layanan pesan antar makanan bagian dari Gojek, meluncurkan opsi pengantaran makanan tanpa kontak fisik secara langsung (contactless delivery).
Gojek menambahkan opsi teks pesan cepat pada fitur chat di dalam pesanan GoFood antara pelanggan-mitra driver. Layanan baru ini sebagai jawaban GoFood dalam mendukung imbauan pemerintah.
"Pemerintah telah meminta masyarakat untuk beraktivitas #dirumahaja dan menerapkan konsep pembatasan sosial (social distancing) di masa pandemi global penyebaran Virus Corona," kata Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek, Jumat (20/3/2020).
Pesanan tanpa kontak fisik ini dilakukan secara proaktif dan konsisten, dengan berbagai upaya guna memastikan keamanan pada seluruh ekosistem Gojek, termasuk layanan GoFood.
Menurut Catherine, opsi itu untuk meningkatkan pengalaman berkuliner di rumah yang aman, tenang, dan nyaman. Lantas bagaimana caranya? Berikut tiga langkah mudah bagi pelanggan GoFood.
Pertama, sebelum menekan tombol Pesan, pilih pembayaran non-tunai menggunakan GoPay atau PayLater untuk meminimalisasi terjadinya kontak langsung.
Kedua, setelah dipesan dan dapat driver, buka fitur Chat dari dalam pesanan GoFood kamu untuk komunikasi dengan driver, dan pilih salah satu pesan cepat yang sudah disediakan.
Misalanya, “Tolong taruh di depan pagar/pintu, dan kabari ya kalo udah sampai”, “Tolong titip di lobi, dan kabari ya kalo udah sampai”.
Ketiga, bila pelanggan memilih opsi contactless delivery ini, mitra driver akan mengirimkan foto via chat sebagai bukti kalau makanan telah diletakkan di tempat yang disepakati.
Lebih jauh lagi, GoFood meningkatkan keamanan dengan menyediakan Kartu Penanda Suhu Tubuh yang berisi informasi mengenai suhu tubuh dari pihak yang menangani makanan yang dipesan.
Sebut saja, karyawan mitra merchant yang memasak, karyawan yang menyiapkan makanan, serta mitra driver yang mengantar makanan. Tujuannya, memastikan keamanan dan menjaga makanan tetap higienis hingga di tangan pelanggan.
Catherine menegaskan, keselamatan dan kesehatan seluruh ekosistem Gojek adalah prioritas utama. Gojek berterima kasih kepada pengguna layanan Gojek yang mengikuti himbauan #dirumahaja serta memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para mitra driver dan merchant.
"Kami tetap sigap dalam membantu masyarakat Indonesia agar dapat beraktivitas normal di tengah situasi pandemik seperti ini. Kami akan terus membuat inisiatif dan inovasi baru," tandasnya. (*)
Gojek menambahkan opsi teks pesan cepat pada fitur chat di dalam pesanan GoFood antara pelanggan-mitra driver. Layanan baru ini sebagai jawaban GoFood dalam mendukung imbauan pemerintah.
"Pemerintah telah meminta masyarakat untuk beraktivitas #dirumahaja dan menerapkan konsep pembatasan sosial (social distancing) di masa pandemi global penyebaran Virus Corona," kata Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek, Jumat (20/3/2020).
Pesanan tanpa kontak fisik ini dilakukan secara proaktif dan konsisten, dengan berbagai upaya guna memastikan keamanan pada seluruh ekosistem Gojek, termasuk layanan GoFood.
Menurut Catherine, opsi itu untuk meningkatkan pengalaman berkuliner di rumah yang aman, tenang, dan nyaman. Lantas bagaimana caranya? Berikut tiga langkah mudah bagi pelanggan GoFood.
Pertama, sebelum menekan tombol Pesan, pilih pembayaran non-tunai menggunakan GoPay atau PayLater untuk meminimalisasi terjadinya kontak langsung.
Kedua, setelah dipesan dan dapat driver, buka fitur Chat dari dalam pesanan GoFood kamu untuk komunikasi dengan driver, dan pilih salah satu pesan cepat yang sudah disediakan.
Misalanya, “Tolong taruh di depan pagar/pintu, dan kabari ya kalo udah sampai”, “Tolong titip di lobi, dan kabari ya kalo udah sampai”.
Ketiga, bila pelanggan memilih opsi contactless delivery ini, mitra driver akan mengirimkan foto via chat sebagai bukti kalau makanan telah diletakkan di tempat yang disepakati.
Lebih jauh lagi, GoFood meningkatkan keamanan dengan menyediakan Kartu Penanda Suhu Tubuh yang berisi informasi mengenai suhu tubuh dari pihak yang menangani makanan yang dipesan.
Sebut saja, karyawan mitra merchant yang memasak, karyawan yang menyiapkan makanan, serta mitra driver yang mengantar makanan. Tujuannya, memastikan keamanan dan menjaga makanan tetap higienis hingga di tangan pelanggan.
Catherine menegaskan, keselamatan dan kesehatan seluruh ekosistem Gojek adalah prioritas utama. Gojek berterima kasih kepada pengguna layanan Gojek yang mengikuti himbauan #dirumahaja serta memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para mitra driver dan merchant.
"Kami tetap sigap dalam membantu masyarakat Indonesia agar dapat beraktivitas normal di tengah situasi pandemik seperti ini. Kami akan terus membuat inisiatif dan inovasi baru," tandasnya. (*)