Tipu-tipu Pembuatan Merchandise di Grup Fandom
Aku samarkan aja youtubers ini namanya Darma. Dan nama fandom ini Darmawan. (Fandom adalah singkatan dari Fans Kingdom, yaitu sebuah komunitas penggemar idol Korea. Setiap boyband atau girlband di Korea punya nama fandom-nya masing-masing. Nah, setiap nama fandom itu punya arti yang filosofis loh!)
Berawal dari bulan Mei 2019, menuju Anniversay 2 tahun Fandom ini. Sebelumnya, kami punya grup yang isinya 300 orang. Nah, di sana mereka menanyakan apakah untuk anniv kali ini ada project. Aku di sini sebagai admin fanbase akun Darmawan. Lalu beberapa usulan muncul di grup.
Waktu itu aku mengusulkan, gimana kalau buat open donasi, dan semua uang ini dijadiin sedekah ke orang yang membutuhkan. Kalau bisa nanti buka bersama anak yatim piatu, mumpung lagi puasa. Nanti fokus di salah satu kota aja, dan diusahan si Darma bisa ikutan juga.
Ternyata, mereka setuju sama usulan aku. Lalu aku usahakan untuk segera minta izin sama Darma untuk project ini. Sambil menunggu balasan Darma, dalam beberapa hari, berbagai usulan juga banyak datang. Nah salah satunya, dari seseorang yang cukup dekat dengan aku. Namanya Safitri Handayani.
"Eh, kalau projectnya udah di-ACC sama Darma, nanti aku bantuin cariin sponsor deh," katanya. Nah, waktu itu udah di-acc, terus aku nanya sama dia masalah sponsor, tapi dia bilang dia nggak bisa nyari sponsor kalau mepet. Dia mengusulkan sebuah usulan yang ngebuat aku menyesal.
"Gimana kalau kita jualan barang kaya merchandise, gitu, tentang si Darma. Nah keuntungan penjualan kita jadiin donasi, mayan uangnya," ujar si Safitri. Aku awalnya cukup ragu, karena takutnya yang beli dikit dan target nggak nyampe. Dan, ini kan masalah duit apalagi jual beli itu bener-bener ribet.
Tapi akhirnya, dia bisa ngeyakinin anak grup dengan usulan itu, anak grup juga setuju. Dan aku minta izin lagi sama Darma untuk usulan baru. Akhirnya diacc, dan semua merchandise si Darma yang desain di karena dia anak desain.
Nah akhirnya kita milih panitia buat ngurus ini. Nah, masalah uang ini kan bener butuh orang yang bisa dipercaya. Akhirnya dengan pertimbangan sana sini. 1. Aku bagian pendataan customer, 2. Safitri bagian produksi dan pengiriman, 3. Nesya bagian pelaksana project.
Kita milih Safitri ini karena : 1. Dia yg ngusulin jualan merch ini. 2. Dia bilang temen dia ada yang kerjanya produksi barang ginian. 3. Kita percaya sama dia karna dia pernah jadi penanggung jawab ketika acara darma ikutan lomba gitu. 4. Kita udah deket sama dia semenjak acara itu.
Oke, akhirnya kita buka PO, sistem bayar dulu lalu barang di produksi dan dikirim. Siap produksi 2 minggu setelah tutup PO, dan barang dikirm 2 hari setelah itu. Pada 26 Mei 219, tutup PO, Safitiri janji tanggal 10 Juni 2019, barang udah siap dikirim.
Aku tetep komunikasi sama Safitri selama barang diproduksi,
Sampai tanggal 10 Juni 2019, aku nanya kejelasan barang. Dia bilang kalau tokonya tutup 10 hari karena lebaran, diundur jadi tanggal 15 juni 2019. Oke, aku infoin ke customer.
Tanggal 15, aku nanya lagi. Dia bilang dia udah ke tokonya tapi tokonya masih tutup. Dia bilang tanggal 20 Juni 2019, udah bakalan dia kirim. Oke aku infoin langsung ke customer, kalau pengiriman paling lama tanggal 20 Juni 2019.
Aku sempet ngeluh kalau aku capek barang ditunda tunda terus dan ngerasa ke terror sama customer. Akhirnya, Safitri bilang ya udah, alihin semua customer ke dia aja, dia yang ngurus customer mulai saat itu. Dan, di sini aku udah ngga kerja lagi sebenarnya. Tapi aku tetep mantau.
Tanggal 20 Juni 2019, aku nanya lagi. Safitri bilang dia baru balk dari tempat produksi dan uang direfund. Lah, anjerrr aku kagetlah ya bangsat. Kok direfund berarti barang ngga siap dong kambeng. Alasan dia bilang, ada miskomunikasi sama tempat produksinya gitu.
Nah, merchandise itu ada baju sama totebag. Itu barang belum siap dan uang direfund, sedangkan perintilan lain kaya photocard, ganci, gelang sama stiker, dia bilang udah siap karena beda tempat produksi. Nah, ini anjir ngga masuk akal, dia kan awalnya bilang sama aku, kalau barang diproduksi di tempat temennya kerja.
Sedangkan dia cerita masalah miskom, dia bilangnya dia pesen online dan ada yang miskom antar yang chat, sama produksinya gitu. Ih anjir gua ngetik apaan sih kan jadi bingung. Abis itu dia bilang, dia bakalan refund uang semua customer, biaya adminnya dia yang nangung semua.
Dan uang perintilan yang siap itu dia juga yang nanggung "ngga apa apa" ceunah. Nanti perintilan nya dia bagi bagiin aja. Akhirnya, aku buat grup yang isinya semua customer dan panitia. Safitri pc aku gini "Nis, sebenarnya aku bisa nyari tempat produksi lagi bisa delesai 5 hari gitu. Gimana?"
Ya, aku bilang dong, tanya customer aja gimana mau nya, capek anjir ngurus ini. Terus kita ngasih tahu kondisinya gimana, kita kasih opsi ke customer : 1. Refund semua uang. 2. Ganti tempat produksi dan barang akan dikirim tanggal 27-28 Juni 2019. Ternyat, 97% customer milih opsi kedua.
Aku udah bilang kalau aku ini udah lepas kerjanya, jadi semua nya dialihkan ke Safitri dan customer juga tau semuanya. Oh iya, aku lupa bagian pentingnya. Customer itu transfer uangnya langsung ke rekeningnya Safitri, jadi bukan ke rekening aku ya. Rata-rata transfer Rp 100.000 hingga Rp 300.000.
Nah, dari sini lah mulai drama nya. Bisa saingan nih sama drama mnet. Sabar aku mau ngucap kasar dulu ke dia. Bangsat kau kampank. Nah dia juga sempet bilang ke grup. "Barangnya aku kirim ya tanggal 27 atau 28." Aku ngga bisa ngasih chatnya nih, sumpah bukti chat itu banyak banget. Udah aku kumpulin dalam satu pdf.
Tanggal 27 Juni 2019 malam, aku chat dia, dia bilang kalau barang belum sempet ngirim soalnya dia kerja dan belum balik ke rumah 3 hari. Lah, berarti lu ngga mandi ya kambeng. Idih bau lah lu kerja di kantor. Nah pas hari itu, tiba-tiba si Darma bikin instastory kalau dia bakalan produksi merchandise.
Merchandise itu hampir persis isinya kaya project yang lagi kami jalani. Nah, terombang ambing lah perasaan dedeq inilah ya kan, merchandise ini belum kelar, si Darma malah bikin merchadise lain. Si Safitri sempet bilang "Nis, kalau kaya gini, aku refund aja ya, semua uang customer. Soalnya aku liat customer pada pengen beli merchandise Darma itu ketimbang merchandise kita dan customer nyesel beli merchandise kita."
Lah aku bingung kan yaaaa, kok ini anak enak banget bilang refund tanpa beban. Aku nanya dong, emang barang belum siap apa gimana. Dia bilang barang udah siap, tinggal packing dan ngirim.
Ya, aku minta bukti foto dong, dia bilang ngga bisa, soalnya dia di kantor dan belum balik ke rumah.
Oke dah itu, tanggal 28 Juni 2019, siang aku chat. Ceklis 2. Tapi ngga dibalas. Ngulang chat jam 6 sore, ceklis 1, terus aku nyoba chat terus sampai malam dan akhirnya sempet ceklis 2. Aku takut dong, dia ngilang gitu aja, padahal barang belum dikirim. Customer udah nagih nagih.
Bener-bener ngga bisa tidur njink, sangking stres ngga ada kabar. Bodo amatlah kalau pacar aku ngga ada kabar asal di Safitri ini ada kabar. Ternyata eh ternyataaaaa.....Subuh tanggal 29 Juni 2019, aku baru sadar kalau aku sama dia sempet ngirim file lewat email. Dan aku buruan cek email. TERNYATA DIA NGEHUBUNGIN AKU LEWAT EMAIL GAIS.
Tanggal 28 Juni 2109, jam 4, dia nge email aku, bilang kalau dia di begal pas balik ke rumah jam 2 pagi. Semua alat komunikasi diambil, motor dia juga. Dan kita cuman bisa komunikasi lewat email. Jadi di hape aku ini, kalau ada email masuk, ngga ada notif nya. Ngga tau kenapa padahal pengaturannya udah aku buat notif masuk.
Aku lapor ke customer, kalau Safitri kena begal. Aneh juga sih kenapa begalnya musti di hari janji dia kirim barang, tapi kita mikir positif, namanya musibah ngga ada yang tau. Dia bilang, waktu itu tanggal 1 Juli 2019, dia bakalan update resinya ke aku tapi agak malam. Ya udah tuh aku udah tenang.
Pas tanggal 1 Juli, aku hubungin, dia bilang barang belum bisa dikirim. Dia bilang dia baru libur tanggal 3 sama 4 Juli 2019. Dan dia nawarin buat customer yang di daerah Depok ketemuan sama dia tanggal 3 atau 4 itu, di rumah Safit ini atau mekd1 atau keefc1 disana. Tapi ngga ada yang bisa.
Eh pas tanggal 2 Juli 2019, customer udah marah marah banget karna barang ngga jelas,dan aku lapor ke dia. Akhirnya, dia bilang sama aku kalau tanggal 2 itu juga dia bakalan kirim, tapi malam jam 11 di JN3 24 jam. Dia sempat bilang kalau dia cuman bisa online email lewat komputer kantornya.
Nah anjink, kan, aku selalu nanya kantornya dimana. Pasti dia selalu kaya ngelak gitu anjir dan ngealihin pembicaraan. Aku degdegan parah karena ngga ada kabar dia tanggal 3 Juli 2019. Seharusnya barang udah dikirim. Tanggal 4, aku masih nunggu juga sambil nyari bantuan siapa yang bisa nyamperin Safitri ini ke rumahnya di Depok.
Tapi sampai sekarang, Safitri ngga ada kabarnya gais. Aku udah nyoba ngehubungin lewat email, nelpon ke nomor adeknya. Berakhir 3 nomor aku diblock sama adeknya. Kambenk kau. Aku akhirnya minta bantuan sama kak Nana yang udah aku bela beberapa tahun terakhir di grup kpop.
Dia bilang dia bisa bantuin tapi pas weekend, dia bakalan ke rumahnya Safitri. Buat kak Nana yang mau repot repot bantuin aku. Pas hari minggu itu tanggal 7 Juli 2019, Kak Nana mau ke rumah si penipu ini. Dia dapet info dari temennya temen Kak Nana : KALAU KELUARGA SAFITRI INI UDAH TERKENAL SEBAGAI KELUARGA PENIPU.
Kita sempet bingung, dan musti perlu bantuan pak RT dan warga sekitar nih buat ngelindungin kita dan sebagai saksi juga. Btw Kak Nana ini ngga ada urusannya sama sekali sama project ini. Dia bener pure nolongin aku gais karna aku bener bener udah putus asa banget.
Kak Nana bilang dia ngga bisa bantu kalau buat ngegerakin warga sekitar karna bukan wewenang dia. Bener banget emang bener. Jadi butuh korban langsung yang ikutan juga. Aku langsung nanya sama yang di daerah Depok, dan ada 1 orang yang bisa hari minggu itu. Alhamdulillah...
Tiba tiba korban ini bilang ngga bisa ikut karna dia cuman sendirian dan dia takut banget. Padahal, udah aku bujuk karna ada Kak Nana yang bakalan temenin dan juga nanti minta bantuan warga sekitar.
Tapi dia bilang dia ngga mau. Wajar sih gais soalnya dia masih kecil, baru tamat SMA.
Dengan kaya gini, Kak Nana ngga bisa bantu kalau korban ngga ada yang ikut sama sekali. Dan uang bener bener ngga bisa dikembaliin. Kerugian kisaran Rp 6,6 juta sampai Rp 6,8 juta, kalau sama biaya admin bank untuk refund uang kisaran Rp 7,5 juta.
Aku sempet diskusi sama polisi masalah kasus ini. Dia bilang kasus ini ngga bisa ditangani. Alasannya cukup banyak dan bener kata polisi nya, aku juga ngerti kok. Alasan : 1. Transfer dari berbagai titik daerah Indonesia ke satu rekening Safitri. Jadi tidak ada lokasi pasti. Terkecuali misalkan semua customer transfer ke rekening aku, lalu dari rekening aku ini transfer ke rekening Safitri. Ini bisa diselidiki karna lokasi kejadiannya di satu tempat yaitu di kota aku.
2. Walaupun begitu, uang yang akan dikeluarkan untuk ngurus kasus ini tidak akan seimbang dengan kerugian kita. Pasti pengeluaran polisi bakalan lebih banyak dari kerugian ini. Karena kasusnya beda kota, jadi cukup banyak biayanya dan belum tentu bisa diselesaikan dengan baik.
Polisi menyarankan bahwa kasus ini harus diselesaikan secara baik baik dengan keluarga nya. Kalau mau aman memang butuh perlindungan dari pak RT, kalau perlu ke kantor polisi di Depok untuk minta pendampingan polisi langsung, karena polisi itu pelayanan masyarakat.
Aku salut sama polisi yang berusaha ngasih pengertian ke aku dan diskusi kita lancar. Tapi tetep aja si korban ini ngga mau pergi, karna dia takut kenapa kenapa. Ortunya ngga tau masalah ini dan dia takut nanti kalau urusannya lebih sulit lagi ortunya bisa tau dan aku ngerti bagian itu. Aku juga ngga bisa maksa kalau begini masalahnya.
Akhirnya batal ke rumah penipu ini. Karna emang ngga bisa sama sekali. Aku minta maaf banget sama Kak Nana, jadi ngerepotin ka nana,padahal ka nana udah baik mau bantuin aku nyelesaiin masalah ini huhuhu. Bapaknya penipu ini seorang aparat negara.
Kita ketar ketir karena ini juga karna kita mikir, mamaknya sama nenenknya pernah kasus penipuan dan bisa lepas gitu aja, pasti bisa karna bapaknya ini kan. Aku ngga tau juga tskut fitnah juga atau salah ucap bisa dosa aku,udah dosa deng
Aku juga langsung ke bank besok nya, mau nanya masalah ini gimana. Bank ngasih pengertian kalau penarikan uang dari rekening penipu ini ngga bisa karna aku bukan pemilik rekening ini. Bank punya kode etik. Untuk pembekuan rekening juga ngga bisa karena kode etik.
Harus menghubungi layanan bank di telepon, dan itu baru bisa dibekukan rekeningnya. Tapi caranya ribet banget, emang harus ngelapor lagi ke polisi dan perlu persetujuan dari polisi dulu. Nah hari senin minggu lalu, ada satu orang lagi korban yang rencananya mau ke rumahnya Safitri, tapi cuman mau nyelidik aja ke warga buat nanya di mana Safitri ini kerja.
Tapi hasilnya nihil, karna warga di sekitar emang kesannya tertutup banget pas kita bilang kita perlu info. Kita sebutin nama ortunya Safitri, dan warga bener bener responnya "ngga, kita ngga tau"
Bener-bener kaya tertutup banget warga kalau menyangkut keluarga Safitri ini.
Semua usaha udah aku lakuin ngelacak sana sini, ngehubungin sana sini tapi ngga ada hasil. Usaha buat minta tolong ke orang lain untuk ke rumahnya safit. Ke polisi, ke bank dan bener-bener ngga ada jalan keluar. Cuman ini langkah terakhir yang bisa aku lakuin tentang kasus ini.
Sumber : yjsssi (@yjsssi1108), 14 Juli 2019.