Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kampanye 1000 Hari Pertama Kehidupan demi Generasi Emas


KAMPANYE 1000 hari pertama kehidupan demi generasi emas karena seperti kita ketahui, 1000 hari pertama kehidupan (HPK) adalah periode emas yang menentukan masa depan anak. KALBE Nutritionals melalui Morinaga berkomitmen mendukung orang tua mengoptimalkan periode krusial ini melalui Tiga Pilar: Gali Potensi, Beri Atensi, dan Nutrisi Terbaik.

Morinaga yang telah hadir lebih dari 40 tahun di Indonesia, bukan hanya berperan sebagai penyedia nutrisi terbaik untuk anak-anak Indonesia, tetapi juga sebagai mitra terpercaya orang tua dalam memahami dan memenuhi kebutuhan anak di masa tumbuh kembang mereka.

Ditemui di tempat kerjanya (23/7/2024), dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals menekankan pentingnya 1000 HPK untuk masa depan anak. Masa 1000 HPK adalah masa di mana perkembangan otak dan organ tubuh yang paling pesat.

Di masa ini, sekitar 80%  sel saraf otak sudah selesai terbentuk dan merupakan masa yang sangat penting dalam perkembangan anak, di mana pondasi untuk kecerdasan, emosional, dan sosial anak terbentuk. Stimulasi dan nutrisi yang tepat selama periode ini sangat penting untuk mencapai potensi maksimal anak.

"Menyadarkan orang tua tentang pentingnya memberikan perhatian selama 1000 HPK adalah kunci untuk memastikan tumbuh kembang anak yang optimal,” ujar dokter Muliaman.

Kehilangan kesempatan pada masa ini tidak dapat diubah, dan jika abai bisa memiliki konsekuensi penyakit kronis yang diderita anak dari mulai stunting, hingga gangguan kardiovaskuler, sampai gangguan pertumbuhan lain.

Cukup banyak pula penelitian menunjukkan bahwa anak yang menerima nutrisi dan stimulasi yang tepat selama 1000 HPK memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dan keterampilan sosial yang lebih baik.

Junita, Business Unit Head Morinaga Growing Up Milk KALBE Nutritionals menyetujui pendapat ini dan memaparkan bagaimana Morinaga merumuskan tiga pilar pengasuhan ini karena dinilai krusial demi tumbuh kembang anak yang optimal.

Pertama, pilar "Gali Potensi" yang memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka tanpa paksaan, mendorong mereka untuk menemukan potensi diri mereka. Kedua, pilar "Beri Atensi" yang menekankan pentingnya memberikan stimulasi, kasih sayang, dan interaksi yang berkualitas untuk membangun koneksi emosional yang kuat dan mendukung perkembangan sosial dan emosional anak.

Ketiga, pilar "Nutrisi Terbaik" yang memastikan terpenuhinya kebutuhan gizi anak dengan makanan bergizi seimbang dan suplemen yang tepat untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak, daya tahan tubuh kuat, dan fisik yang optimal.

Sebagai simbolisasi dukungan pada peran orang tua di 1000 HPK, saat ini, KALBE Nutritionals dan Morinaga tengah mengumpulkan 1000 kisah inspiratif dari orang tua tentang bagaimana Morinaga membantu mereka dalam mengoptimalkan 1000 HPK anak mereka.

Cerita-cerita ini menjadi bukti nyata komitmen KALBE Nutritionals dan Morinaga dalam mendukung generasi emas Indonesia. Para orang tua dapat memberikan inspirasi ke orang tua lainnya dengan berpartisipasi dalam #1000CeritaBunda Bersama Morinaga.

Orang tua dapat berbagi cerita 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil dengan menggunakan template ‘Add Yours’ dari Instagram @morinaga.id. Untuk 5 orang tua beruntung akan mendapat hadiah menarik dari Oxone Indonesia dan produk Morinaga senilai Rp 5.000.000.

Info lengkap syarat dan ketentuan lebih lanjut dapat di cek melalui postingan Instagram @morinaga.id. Periode ini berlangsung dari tanggal 24 Juli hingga 24 Agustus 2024.

Reisa Broto Asmoro, seorang mominfluencer dan dokter yang aktif mengedukasi masyarakat terkait gaya hidup sehat menyetujui pentingnya peran orang tua di masa 1000 HPK. Menemani anak bertumbuh merupakan pengalaman istimewa, tak terlupakan, dan tidak dapat diulangi oleh orang tua.

"Menarik sekali jika ada wadah untuk mengumpulkan kisah-kisah manis ini dan dapat membaca pengalaman orang tua lain untuk menjadi pembelajaran, juga hiburan,” ujar Reisa Broto Asmoro ketika diminta komentarnya tentang program 1000 kisah inspiratif ini.

Selama lebih dari 40 tahun, KALBE Nutritionals dan Morinaga terus berinovasi dan mengembangkan produk-produk berkualitas tinggi hasil kolaborasi Morinaga Research Centre Japan dan Kalbe Nutritional Research Centre yang disesuaikan dengan kebutuhan anak Indonesia.

Brand yang kerap mendapatkan penghargaan ini juga aktif dalam berbagai program edukasi dan pendampingan orang tua untuk membantu mereka dalam memberikan modal terbaik bagi tumbuh kembang anak Indonesia.

Junita menyebutkan mengenai selarasnya komitmen pemerintah Indonesia dengan KALBE Nutritionals dan Morinaga. “Mengusung tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju", pemerintah tahun ini menunjukkan tekad kuatnya untuk memastikan anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

"Hal ini selaras dengan komitmen KALBE Nutritionals dan Morinaga yang senantiasa mendukung orang tua Indonesia dalam mewujudkan tumbuh kembang optimal bagi anak-anak bangsa melalui pemberian nutrisi terbaik, karena #WaktuTakBisaKembali,” pungkas Junita. (*)