Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asia Fund X Suntik Modal ke Pawprints Group Perkuat Posisi di Pasar Pet Care


ASIA Fund X suntik modal ke Pawprints Group perkuat pPosisi di pasar Pet Care. Suntikan modal dan kemitraan baru ini akan memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kapasitas inovasinya dan memperluas tim ahli veteriner dan gizi. Pawprints Group adalah perusahaan makanan hewan yang menawarkan nutrisi hewan peliharaan yang ideal secara biologis dan bebas alergen di Asia Pasifik.

Startup ini telah mengumpulkan pendanaan tambahan tahap awal yang dipimpin oleh Asia Fund X. Pada tahun fiskal 2023, setelah meluncurkan merek utama Pawprints pada bulan Juni, grup ini berhasil menggandakan pendapatan bulanan, menjual lebih dari 120 ton makanan hewan, menyelesaikan lebih dari 35 ribu pesanan, dan membuka lebih dari 700 gerai offline.

Pawprints Group kini berada dalam posisi yang strategis untuk memanfaatkan pertumbuhan industri perawatan hewan peliharaan di Asia, yang saat ini memiliki nilai pasar US$47 miliar dan tumbuh dengan rata-rata tahunan sebesar 11%. Modal baru dan kemitraan baru akan memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kemampuan inovasi, dan memperluas tim ahli veteriner dan gizi.

Pawprints Group yang berbasis di Singapura, dan dikenal sebagai pelopor dalam menyediakan nutrisi hewan peliharaan yang ideal secara biologis dan ramah alergi di Asia Pasifik, mengumumkan penutupan putaran pendanaan tambahan tahap awal yang dipimpin oleh Asia Fund X (AFX), dan dikung oleh MSW Ventures serta Pavilion Capital.

Para investor terbaru Pawprints bergabung dengan perusahaan ini bersama dengan pendukung lama, seperti Creative Gorilla Capital, dan Altrui Investments dari Japfa Comfeed. Putaran pendanaan strategis ini mengikuti putaran pendanaan awal sebesar US$1,7 juta pada November 2023 yang merupakan pencapaian penting bagi Pawprints setelah berhasil dalam beberapa kuartal terakhir.

Suntikan modal dan aliansi strategis baru akan secara signifikan memperkuat kemampuan inovasi dan kapasitas operasional perusahaan dengan memperluas tim ahli veteriner dan gizi. Pawprints Group yang mengelola merek Pawprints dan Heka, berfokus pada keberlanjutan dengan menggunakan protein Black Soldier Fly (BSF) dalam makanan hewan peliharaannya.

Pendekatan ini membantu mengurangi dampak lingkungan dengan signifikan; peternakan serangga untuk protein mengeluarkan 97% lebih sedikit gas rumah kaca dibandingkan dengan sumber dan pengolahan daging konvensional untuk makanan hewan. Dengan menggabungkan nutrisi lengkap dan inovasi terkini, Pawprints Group mampu menghadirkan pilihan makanan yang cocok bagi hewan peliharaan yang memiliki alergi atau sensitivitas diet, berbasis pada protein serangga superfood ini.

Jacqueline Sulistyo, Pendiri Pawprints Group, mengatakan, “Misi kami adalah untuk memperbarui nutrisi hewan peliharaan. Berdasarkan pengalaman bertahun-tahun sebagai pet owner, dan latar belakang saya di industri luxury hospitality dan pemasaran, saya selalu memahami pentingnya kualitas dan detail, terutama saat mencari makanan yang tepat untuk kucing saya yang pemilih, Leo.”

Menjadi pemilik hewan peliharaan bisa terjadi dengan cepat, namun tanggung jawab yang mengikutinya bisa sama menuntutnya dengan membesarkan anak—bahkan terkadang lebih. Kesadaran ini menjadi awal misi untuk mendirikan Pawprints dengan tujuan memberikan panduan dan sumber daya kepada sesama 'pawrents' tentang semua hal terkait makanan hewan peliharaan. Meskipun mendirikan perusahaan makanan hewan di Asia adalah tantangan yang besar, ini adalah langkah yang tepat.

Perjalanan mencari makanan yang bergizi dan lezat untuk Leo juga membawa saya menemukan manfaat gizi dan lingkungan dari protein berbasis serangga. "Saya ingin menyediakan pilihan superior dan berkelanjutan untuk semua hewan peliharaan, terutama yang pemilih dan sensitif. Visi kami bukan hanya memberi makan hewan peliharaan, tetapi juga memastikan mereka berkembang dengan diet yang paling inovatif, berkelanjutan secara lingkungan, dan ramah alergi," paparnya.

Setelah meluncurkan merek unggulan Pawprints pada Juni 2023, grup ini berhasil meningkatkan pendapatan bulanan lebih dari dua kali lipat dan menjual lebih dari 120 ton makanan hewan peliharaan. Hal ini menunjukkan permintaan yang kuat dan kesesuaian dengan pasar yang luas untuk nutrisi hewan peliharaan yang berkelanjutan dan berorientasi pada kesehatan.

Pawprints Group telah berhasil menyelesaikan lebih dari 35 ribu pesanan dan produknya tersedia di lebih dari 700 toko. Perusahaan juga mempunyai tingkat retensi pelanggan yang tinggi, di mana lebih dari 33% pendapatannya setiap bulan berasal dari pelanggan langganan setia di Jepang.

Pawprints Group bekerja sama dengan ahli gizi hewan yang bersertifikasi internasional untuk menyusun produknya, memastikan keamanan dan kualitas unggul dalam nutrisi hewan peliharaan. Makanan hewan melebihi standar nutrisi dan panduan label yang ditetapkan oleh Association of American Feed Control Officials (AAFCO), menjamin bahwa setiap produk disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan diet khusus hewan peliharaan sesuai dengan ras, usia, dan gaya hidupnya.

Sebagai langkah baru menuju tujuan ini, Pawprints Group baru-baru ini meluncurkan suplemen Omega Oil yang terbuat dari 100% protein BSF. Suplemen unik dan inovatif untuk anjing dan kucing ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kualitas kulit dan bulu, dengan hasil yang terlihat mulai dari 14 hari setelah penggunaan.

Dengan kehadiran yang kuat di pasar-pasar dengan pertumbuhan tinggi, Pawprints Group memiliki posisi yang unik untuk memanfaatkan industri perawatan hewan peliharaan di kawasan Asia yang sedang berkembang pesat dan bernilai US$47 miliar dengan nilai pertumbuhan CAGR 11%. Perusahaan berencana untuk memasuki segmen konsumen yang berkembang ini dengan memperkenalkan lebih dari sepuluh SKU produk baru pada akhir 2024.

Jacqueline bertekad untuk terus mengembangkan inovasi dan standar keunggulan dalam nutrisi hewan peliharaan. Dengan dukungan investor dan komitmen terhadap praktik berkelanjutan, kami berharap dapat meningkatkan kehidupan simbiotik dan saling terkait antara hewan peliharaan dan pemiliknya di seluruh dunia.

Jeffrey Seah, Partner Umum di MSW Ventures, menambahkan, kepemilikan hewan peliharaan kini lebih dari sekadar peran tradisional di Asia, melainkan telah menjadi dukungan emosional dan psikologis penting dalam keluarga modern. Perubahan ini mendorong peningkatan pengeluaran untuk layanan khusus hewan peliharaan dan nutrisi berkualitas tinggi.

Transisi dari pembelian makanan hewan peliharaan massal ke solusi nutrisi yang disesuaikan membuka peluang pasar yang substansial bagi pendekatan multi-merek, multi-pasar Pawprints. Kami yakin bahwa Jackie dan timnya akan membimbing ekspansi ini di seluruh region, dan Pawprints akan meninggalkan jejak yang tak terlupakan dalam industri nutrisi hewan peliharaan.

TENTANG PAWPRINTS GROUP
Pawprints Group berada di garis depan nutrisi hewan peliharaan, menawarkan makanan yang ideal secara biologis dan ramah alergi dari protein alternatif dan bahan alami. Perusahaan memvisualisasikan masa depan di mana setiap hewan peliharaan mendapatkan manfaat dari nutrisi inovatif berkualitas tinggi yang mendukung kesehatan dan keberlanjutan lingkungan. Misi Pawprints Group adalah untuk mengubah kembali nutrisi hewan peliharaan melalui merek Pawprints dan Heka yang menyediakan solusi unggul dan istimewa yang meningkatkan kesehatan dan vitalitas hewan peliharaan.

TENTANG MSW VENTURES
MSW Ventures mendukung Asia Fund X (AFX), penerus dari Asia Fund II (AFII), dalam mencari model pertumbuhan bisnis dan para pendiri dengan potensi unik di dalam ekonomi digital yang sedang berkembang di Asia Tenggara. Perusahaan ini mengapresiasi para pendiri yang berani, berorientasi pada pasar, dan matang, yang memimpin startup dengan pertumbuhan berkelanjutan, aliran pendapatan yang kuat, dan kesesuaian produk-pasar yang terbukti. Jeffrey Seah menjabat sebagai Partner Umum di MSW Ventures, dengan pengalamannya yang luas dalam memberikan saran kepada eksekutif C-level global dan regional di perusahaan-perusahaan multinasional seperti WPP dan Publicis Groupe mengenai strategi komersial yang efektif di berbagai pasar geografis.