Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Samarkan Noda Hitam dan Kerutan untuk Wanita Usia 45 Tahun ke Atas


UNTUK wanita usia 45 tahun ke atas bisa mendapatkan hasil makeup yang bagus asal mengerti tips pengaplikasiannya di wajah. Dengan teknik pengaplikasian riasan yang benar, akan memunculkan efek lifting di wajah dan dapat menyamarkan garis halus yang muncul seiring bertambahnya usia.

Hal tersebut disampaikan Make Up Artist Luis Alfan bahwa meski usia matang wanita harus tampil paripurna. Apalagi bagi wanita aktif maupun yang membutuh riasan saat acara-acara tertentu, pengaplikasian makeup harus dilakukan dengan teknik yang baik.

Sebelum memberikan tips terkait makeup, ia menekankan pentingnya selalu menjaga kulit wajah. Kulit wajah yang sehat dan bersih disebutnya dapat mendukung kemudahan pengaplikasian riasan.

Tak dipungkiri semakin bertambahnya usia kondisi kulit akan mengalami perubahan. Mulai dari munculnya flek hitam, kerutan, garis halus, elastisitas yang berkurang hingga perubahan warna dan tekstur kulit.

Kembali pada dasar kulit, merawat kulit dan jaga kebersihan kulit wajah, karena kalau usia di atas 45 tahun ke atas itu masalahnya sudah beragam. Salah satunya flek hitam, kerutan, kolagen sudah mulai turun sehingga kekenyalan kulit berkurang.

Luis mengatakan, produk makeup dan pengaplikasiannya harus disesuaikan untuk membuat tampilan wanita usia 45 tahun ke atas tampak lebih bersinar. Salah satu yang dipraktekan adalah makeup dengan tampilan glamour.

Demo makeup ini ia aplikasikan kepada salah satu model dan diikuti oleh para anggota Komunitas Kain dan Kebaya Indonesia DPD Jatim. Salah satu teknik yang dibutuhkan dalam pengaplikasian makeup pada wanita usia 45 tahun ke atas adalah layering.

Teknik ini untuk menyiasati dan mengurangi jika terdapat kondisi wajah dengan flek hitam. Kalau sudah flek hitam, dikasih bedak dan foundation akan bertumpuk dan tebal di satu area saja. Makanya penting sekarang memperhatikan kebersihan wajah.

Karena makeup hanya untuk menyiasati flek hitam supaya tidak terlalu ketara. Sebelum mengaplikasikan makeup, disarankan untuk membersihkan wajah, menggunakan pelembab untuk menghidrasi kulit, serum, setting spray dan sunscreen sebagai perlindungan dari sinar matahari. Pengaplikasian makeup tidak bisa kalau kondisi kering, wajah harus lembab.

Tahapan Makeup Pada Wanita Usia Matang
Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam pengaplikasian makeup pada wanita berusia matang, yakni tidak lupa untuk menggunakan primer yang cepat menyerap untuk mengunci produk makeup yang akan digunakan.

Kemudian mengaplikasikan concealer yang ringan dan mudah menyatu untuk menghindari penumpukan layer. Aplikasikan concealer pada area yang memiliki tanda hyperpigmentasi, garis senyum, dan lingkaran hitam pada titik area mata.

Pada tahap selanjutnya adalah pengaplikasian foundation sebagai dasar riasan. Dalam kegitan demo makeup, Luis mempraktekan riasan dengan menggunakan tampilan warna sogan.

Warna sogan aman, warna cokelat di sesi apapun pasti aman. Untuk pengaplikasian foundation, jangan menggunakan tangan supaya tidak mudah bergeser tapi pakai beauty blender.

Untuk pemilihan foundation, ia menggunakan teknik campur yaitu warna hampir sama dengan warna kulit dan satu tone lebih tua dari warna kulit. Ia menyarankan, saat meratakan foundation harus dengan tap dan tidak menggesernya agar tidak memunculkan tampilan crack di wajah.

Tap-tap foundation merata untuk menutup pori-pori. Dengan beberapa teknik bisa membuat foundation lebih flawless, halus dan semakin lama bisa semakin bagus makanya teknik utama.

Pada tahap lainnya yaitu, penggunaan shading pada area pipi, hidung, sekitar mata dan sekitar dagu. Tahapan selanjutnya adalah pemakaian blush on, lipstik, area alis, maskara, bedak tabur dan padat pada area T zone meliputi dahi, hidung dan dagu.

Kalau untuk arisan ketemu tetangga boleh cukup memakai bedak padat asal skincare sudah benar. Harus pakai pelembab dan sunscreen supaya kulit lembab dan siap dipakai make up. Bedak alis dan lipstik sebagai dasar riasan.

“Kalau untuk glam, cukup tonjolan salah satu sisi misal lipstik, blush on atau dari wajah keseluruhan yang tidak bold,” ungkapnya.

Luis menyebut tren saat ini cenderung pada penggunaan riasan yang glam. Tidak terlalu bold namun tetap dengan riasan yang elegan dan segar.

Namun yang tetap ditekankan adalah menjaga kesehatan kulit wajah maupun tubuh untuk tampilan cantik paripurna. Hal kecil seperti luluran kadang luput tapi menjaga kulit wajah dan badan itu penting, kemudian pemakaian makeup. Tidak tebal tapi fresh. (*)