Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Lebih 50% Konsumen Gen Z Gunakan YouTube Shorts


LAPORAN Culture and Trends YouTube 2022, 59% konsumen Gen Z menggunakan YouTube Shorts untuk menemukan konten video yang mereka sukai dalam format yang berdurasi lebih panjang.

YouTube Shorts adalah cara bagi siapa saja untuk terhubung dengan audiens baru hanya dengan menggunakan smartphone dan kamera Shorts di aplikasi YouTube.

Ini dapat dimaklumi. Data YouTube terbaru menunjukkan 80% orang dewasa di kota-kota terbesar menonton YouTube di “Connected TV” sejak YouTube meluncur 10 tahun lalu di Indonesia.

Platform ini terus berkembang. Kini, lebih dari 25 juta orang Indonesia menstreaming YouTube ke televisi mereka selama 2022.

Dalam acara Brandcast 2022, yang merupakan sebuah acara marketing tahunan oleh YouTube, platform ini mengumumkan bahwa 80% orang dewasa di kota-kota terbesar menonton YouTube di televisi mereka di rumah, yang biasa disebut sebagai "Connected TV".

Tiga vertikal konten teratas yang biasa mereka tonton adalah musik, hiburan, serta video tentang kesehatan fisik dan mental.

Bahkan, 87% pemilik smart TV menonton YouTube di Connected TV, dan hal ini telah mengubah cara orang Indonesia mendefinisikan TV, dengan 74% responden survei mengatakan, YouTube adalah TV ketika mereka menyaksikannya di layar televisi.

Sejak YouTube Shorts meluncur tahun 2021, channel yang mengupload video Shorts dan video berdurasi panjang mengalami peningkatan waktu tonton dan pertumbuhan subscriber secara keseluruhan, dibandingkan dengan channel yang hanya mengupload video berdurasi panjang.

Menurut laporan Culture and Trends YouTube 2022, 59% konsumen Gen Z menggunakan YouTube Shorts untuk menemukan konten video yang mereka sukai dalam format yang berdurasi lebih panjang.

Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing, Google Indonesia, mengatakan, dari live streaming konser, video Shorts yang menyenangkan, hingga menonton Connected TV bersama keluarga dan teman.

"YouTube adalah satu-satunya platform cocok dengan begitu banyak kebutuhan dan suasana hati orang-orang di berbagai kategori, format, dan perangkat sepanjang hari," katanya.

Pada Februari 2022, masyarakat Indonesia rata-rata menonton YouTube selama 26,4 jam per bulan di aplikasi Android. Menurut data YouTube, pada Q1 2022, watch-time (year-on-year, or YoY) tumbuh secara signifikan untuk:

1. Video tim sepak bola Indonesia naik 400% YoY
2. Video renovasi naik 70% YoY
3. Watch-time untuk video Motivasi Kebugaran Wanita naik 100% YoY

Mulai dari awareness hingga action, hubungan yang mendalam ini memberi peranan yang jelas dan bernilai kepada brand di sepanjang perjalanan konsumen.

Dengan alat berkelas dunia yang dimiliki oleh Google, Anda punya cara tanpa batas untuk menceritakan kisah brand Anda, merencanakan campaign berikutnya dengan tepat, dan mengukur hasilnya untuk memaksimalkan upaya marketing.

Di Indonesia, kini ada lebih dari 1.300 channel yang memiliki lebih dari satu juta subscriber (naik 30% year-on-year dari tahun 2021) dan ada lebih dari 16.200 channel yang memiliki jumlah subscriber lebih dari 100 ribu (naik 35% sejak 2021).

Richard Erfany dari Hobby Makan mengatakan, setiap brand harus kreatif dalam mengkombinasikan format konten di YouTube misalkan social experiment atau challenge untuk menstimulasi audiens agar tertarik mencoba.

Kolaborasi brand dan konten kreator juga dapat membantu membangun koneksi yang kuat dengan audiens, selama profil konten kreator seirama dengan intisari sebuah brand sehingga lebih efektif dan efisien. (*)

Auto Europe Car Rental