Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Lazada Terus Perkuat Ekonomi Digital yang Berkelanjutan


TAHUN 2023 merupakan awal yang penting bagi Lazada untuk terus mendukung dan memperkuat ekonomi berkelanjutan. Sebagai salah satu eCommerce terdepan di Asia Tenggara, operasional layanan logistik Lazada, yaitu Lazada Logistics memberikan kesempatan bagi para penjual di Lazada merasakan manfaat dari layanan logistik.

Khususnya, terkait efisiensi berbasis teknologi dan penggunaan kemasan ramah lingkungan turut berkontribusi dalam mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi sampah, serta penerapan konsep ekonomi keberlanjutan.  

Chief Logistics Officer, Lazada Logistics Indonesia, Philippe Auberger menjelaskan, untuk mewujudkan pengelolaan ekosistem Lazada yang bertanggung jawab (responsible stewardship), penjual di Lazada dapat ikut berkontribusi dengan memanfaatkan ekosistem yang dapat mengurangi dampak lingkungan dengan mengedepankan tiga pendekatan utama oleh unit bisnis Lazada Logistics.

Pertama adalah melalui penggunaan kemasan ramah lingkungan dalam Layanan FBL (Fulfilment by Lazada) yang menggunakan kardus karton bersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) serta kertas serut daur ulang sebagai pengganti plastik bagi pengiriman penjual Lazada.  

Kedua, Lazada meningkatkan efisiensi berbasis teknologi canggih agar operasional bisnis lebih efektif dan efisien, dengan menggunakan smart routing untuk frontliner (mitra kurir) dan internet of things (IoT) agar pengiriman barang lebih cepat.

Ketiga, melalui transisi energi yang diwujudkan Lazada melalui kegiatan operasional yang rendah jejak karbon dengan mengaktifkan armada berbasis listrik dan sepeda #BlueVehicle untuk pengiriman paket yang lebih ramah lingkungan.

#BlueVehicle juga merupakan salah satu topik yang disorot dalam Laporan Dampak Environmental, Social, and Governance (ESG) yang dirilis oleh Lazada Group.

Lazada memiliki semangat dalam upaya keberlanjutan untuk kelestarian alam. Beragam inisiatif telah dilakukan untuk mendukung operasional yang lebih ramah lingkungan bagi semua ekosistemnya termasuk penjual, salah satunya adalah melalui jasa FBL dari Lazada Logistics yang menggunakan material paket yang lebih ramah lingkungan.

"Lazada Logistics juga baru terpilih sebagai pemenang kategori Responsible Consumption and Production (Plastic)" pada ajang Business 20 (B20) Sustainability 4.0 Awards," ujar Philippe.  

FBL adalah layanan pemenuhan menyeluruh, mulai dari penyimpanan produk (warehousing) mitra brand atau penjual di gudang milik Lazada, pengemasan, hingga pengiriman produk ke pelanggan.

Layanan dan teknologi FBL dapat menjadi andalan penjual untuk mengelola inventori produk di gudang Lazada sehingga operasional penjual lebih lancar dan efektif. Dengan mengandalkan layanan FBL, para penjual bisa lebih fokus ke strategi pengembangan bisnisnya.

Lazada Dukung Ekonomi Sirkular
Dalam konsep ekonomi berkelanjutan, Lazada melakukan inisiatif yang mendukung ekonomi sirkular, sebuah model industri yang berfokus pada reducing, reusing, recycling produk yang bertujuan untuk pengurangan konsumsi serta produksi limbah demi efisiensi sumber daya.  

Salah satu bentuk dukungan Lazada terhadap ekonomi sirkular adalah kerja sama dengan Eiger sebuah fashion brand yang berasal dari Indonesia, yang memproduksi pakaian dan peralatan rekreasi alam untuk meluncurkan produk EIGER Upcycling Collection Vol.1. dengan setidaknya 35 produk yang dihasilkan dari ratusan produk tidak layak jual.

"Kerja sama itu dilakukan dengan memperkenalkan kemasan kardus bersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) atau kertas serut daur ulang dan lebih ramah lingkungan khusus untuk pelanggan Eiger yang berbelanja melalui platform Lazada,” ujar Adiputra Wiharja, SVP Logistics Lazada Indonesia.

Rangkaian produk upcycling kedepannya akan dijual secara terbatas mengikuti ketersediaan bahan baku dan eksklusif hanya di Eiger Adventure Official Store di platform Lazada.

Kolaborasi Lazada bersama EIGER menjadi langkah awal kami untuk mempromosikan gaya hidup lebih ramah lingkungan. Dan semoga dapat memberikan dorongan bagi brand lainnya di ada di platform Lazada untuk ikut bergerak ke arah bisnis dan operasional yang keberlanjutan.

Dalam perjalanan Lazada mendukung inisiatif berkelanjutan, kami berharap dapat menjalin kerja sama dengan berbagai mitra sekaligus pemangku kepentingan sehingga ekosistem digital keberlanjutan dapat terus berkembang.

"Dan Lazada dapat memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih ‘hijau’ sehingga kita semua dapat menjaga kelestarian lingkungan.” tutup Adi.

Lazada Group adalah pelopor platform eCommerce di Asia Tenggara. Selama 10 tahun terakhir, Lazada telah mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi.

Saat ini, ekosistem eCommerce Lazada telah berkembang dan menghubungkan sekitar 160 juta pengguna aktif ke lebih dari satu juta penjual aktif setiap bulan, yang bertransaksi dengan aman dan nyaman melalui beragam fitur pembayaran terpercaya, menerima paket melalui jaringan logistik terbesar di Asia Tenggara.

Dengan visi untuk mencapai GMV tahunan senilai USD100 miliar, Lazada bertujuan untuk melayani 300 juta pembeli pada tahun 2030, dan menjadi yang terbaik dalam mendukung brand dan penjual mendigitalisasi bisnis mereka.

Pada tahun 2022, Lazada Foundation didirikan untuk memberdayakan kaum muda dan perempuan untuk masa depan digital, menutup kesenjangan gender dalam ekosistem digital serta memperkuat komunitas dengan menciptakan dampak positif.

Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di sini  https://group.lazada.com/en/foundation/

Sebagai pionir dari Harbolnas, festival belanja terbesar di Indonesia, Lazada Indonesia fokus untuk membangun bisnis eCommerce yang berkelanjutan melalui kepemimpinan dalam bidang teknologi serta kapabilitas dan infrastruktur logistik.

Lazada adalah platform belanja online yang mengkombinasikan interaksi, informasi dan hiburan bagi konsumen melalui konsep shoppertainment. Lazada berkomitmen untuk memberdayakan pebisnis lokal di Indonesia dengan membangun ekosistem eCommerce end-to-end demi mendorong pertumbuhan perekonomian nasional, yang didukung oleh kepemimpinan Alibaba dalam ekonomi digital.

Beberapa penghargaan telah diraih Lazada selama ini, termasuk diantaranya sebagai Brand of the Year 2018 untuk kategori eCommerce dan marketplace dari Marketeers. (*)

Auto Europe Car Rental