Ini Cara Tingkatkan Pendapatan dan Perluas Pasar lewat Fitur Tokopedia
DENGAN komitmen #SelaluAdaSelaluBisa, Tokopedia terus menghadirkan beragam fitur demi mempermudah para pegiat usaha lokal untuk menciptakan peluang melalui pemanfaatan kanal digital.
Tokopedia membagikan tiga fitur yang bisa digunakan para pegiat usaha untuk membantu meningkatkan omzet serta memperluas pasar di seluruh Indonesia.
1. Aktifkan Fitur Bebas Ongkir
Bebas Ongkir di Tokopedia adalah fitur yang memberikan gratis biaya pengiriman untuk pembeli yang menggunakan layanan pengiriman Reguler dan Same Day.
Dengan fitur ini, penjual dapat mendorong calon pembeli untuk membeli produk tanpa khawatir ongkos kirim yang harus dikeluarkan. Sehingga membuka peluang untuk menarik lebih banyak calon pembeli dan berbelanja ke toko.
2. Manfaatkan Fitur TopAds
Penjualan menggunakan TopAds membuat produk yang dijual akan lebih mudah dilihat oleh calon pembeli. I Dewa Gede Agung Wiradipta, pemilik Infarm mengaku, setelah menggunakan TopAds, penjualan naik 30% lebih.
Ke depannya akan semakin mengoptimalkan penggunaan TopAds demi terus meningkatkan penjualan. TopAds terdiri dari dua jenis iklan, yaitu Iklan Manual dan Iklan Otomatis.
Dengan mengaktifkan TopAds Manual, kredit TopAds akan dipotong setelah laman produk diklik oleh calon pembeli sedangkan TopAds Otomatis, penjual cukup mengatur anggaran harian tanpa perlu melakukan pengaturan biaya per iklan.
Herlina Subagio, pemilik Gratia Candle Bali ikut merasakan kemudahan menggunakan TopAds. Menurutnya, TopAds sangat membantu penjualan. Cara pakainya mudah, cukup top up.
Dari situ sudah bisa mendatangkan pembeli sendiri dengan algoritma yang diaturkan langsung oleh Tokopedia. "Selain meningkatkan penjualan, fitur ini bisa menaikkan engagement kami dengan pembeli,” ucapnya.
3. Aktifkan Layanan Pengiriman Instan
Pengiriman instan sangat diminati pembeli, sehingga penjual sangat direkomendasikan untuk mengaktifkan pilihan pengiriman instan.
Selain membuat pembeli puas, reputasi penjual dapat meningkat karena produk yang sudah terjual tiba di tangan pembeli dalam waktu singkat.
Penjual dapat mengaktifkan fitur ‘Instant Kurir’ dengan menggunakan layanan pengiriman GoSend atau instan kurir lainnya.
Selain menghadirkan berbagai fitur yang menguntungkan penjual, lewat inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga menyediakan berbagai materi edukasi bagi para UMKM, lewat Pusat Edukasi Seller.
Melalui Pusat Edukasi Seller, diharapkan penjual dapat memaksimalkan penjualan. Para penjual juga dapat mendapatkan informasi lengkap lainnya di akun media sosial @tokopediaseller. (*)