Cara Shopee Dukung UMKM selama Ramadan 2021
SUASANA Ramadan tahun ini masih berbeda. Kebijakan social distancing dan lebaran dari rumah masih tetap diberlakukan. Shopee Indonesia baru saja menutup kampanye Big Ramadan Sale 2021 dengan kemeriahan luar biasa pada ketiga puncak kampanye.
Tercatat total produk UMKM yang terjual mencapai lebih dari 130 juta pada tanggal 23 April, 30 April, dan 5 Mei 2020. Di tengah situasi pandemi, penjual serta mitra brand, khususnya penjual UMKM terus berupaya mengembangkan usaha dalam kanal online.
Mereka memanfaatkan momen Lebaran untuk meningkatkan penjualan, dan di saat yang sama, masyarakat memilih belanja online sebagai destinasi utama untuk memenuhi kebutuhan dalam menyambut hari raya Idul Fitri.
Shopee Big Ramadan Sale 2021 pada tahun ini hadir untuk masyarakat Indonesia. Inisiatif ini merupakan upaya Shopee untuk memberikan pengalaman unik belanja online yang dapat dinikmati oleh pengguna di seluruh Indonesia.
Di saat yang sama salah satu fokus utama dari kampanye ini adalah menjadi wadah yang dapat memberikan solusi bagi para pelaku usaha khususnya UMKM untuk terus berkembang dan menjaga keberlangsungan bisnis di bulan Ramadan.
Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia menyampaikan, Ramadan pada 2 tahun terakhir ini masih memiliki suasana berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini membawa ragam perubahan salah satunya tantangan dalam melakukan kegiatan usaha yang berpengaruh pada perekonomian.
Melalui kampanye Big Ramadan Sale 2021 pada tahun ini, kami berupaya untuk memberikan sorotan dan jangkauan yang luas khususnya terhadap produk-produk lokal UMKM sebagai salah satu upaya kami untuk mendukung roda perekonomian Indonesia.
"Kami senang sekali melihat animo yang tinggi dari pengguna untuk memenuhi kebutuhan Ramadan, terlihat dari antusiasme pengunjung Shopee selama Ramadan yang kami inisiasi," katanya.
Tawarannya, berbelanja berbagai kebutuhan, hingga alternatif kegiatan pelengkap melalui inovasi game untuk menemani kegiatan beribadah selama bulan Ramadan tahun 2021. Bahkan untuk jangkauan hingga ke daerah terpencil di Indonesia karena ekosistem online yang senantiasa dihadirkan.
Hadirnya Shopee Big Ramadan Sale 2021 di tengah masyarakat Indonesia, diharapkan dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan, memberikan hiburan melalui fitur interaktif serta games menarik dengan tujuan memberikan kemudahan pengguna.
Adanya dukungan dari pengguna terhadap produk-produk UMKM dari berbagai kategori. Ada Kategori Souvenir, Pakaian Muslim dan Pakaian Bayi & Anak menjadi peluang baik untuk perkembangan bisnis para penjual UMKM di Shopee Indonesia melalui Big Ramadan Sale.
Salah satunya, yaitu Souvenir, terlihat menjadi kategori dengan peningkatan produk terjual lebih dari 3 kali lipat. Pengguna memanfaatkan kategori ini untuk memenuhi kebutuhan dekorasi rumah dan melengkapi keperluan pengiriman parsel Lebaran untuk menyambung silaturahmi dengan keluarga.
Pengguna juga memanfaatkan kategori fesyen dalam Pakaian Muslim serta Pakaian Bayi & Anak untuk memenuhi kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri, dimana Pasmina Plisket, Baju Koko, dan Gamis Anak menjadi produk paling dicari dalam kategori tersebut.
Selain itu, Shopee Indonesia turut menghadirkan program inovatif menarik dari in-app gamification, salah satunya, Goyang Shopee, untuk alternatif pelengkap aktivitas guna menjawab antusiasme pengguna di platform e-commerce dengan hingga 600.000 jam dimainkan selama kampanye Big Ramadan Sale berlangsung.
Kampanye Shopee Big Ramadan Sale menjadi wadah efektif yang memberikan kemudahan berbelanja para pengguna melalui penerapan metode pembayaran digital. Terdapat peningkatan penggunaan ShopeePay hingga hampir 90% pada puncak kampanye Big Ramadan Sale 2021 berlangsung, dibandingkan hari biasanya.
TIdak hanya menjadi wadah untuk berbagai alternatif aktivitas online selama Ramadan, Shopee Indonesia yang turut merealisasikan peran dan fungsi sosialnya, menjadi prasarana perpanjangan tangan untuk berbagi ke sesama secara virtual, baik untuk donasi, maupun pembayaran zakat kepada pihak yang membutuhkan.
Melalui program Berbagi Tanpa Batas bersama Shopee, sebanyak total Rp 1,128,461,180 zakat dan donasi telah terkumpul sejak awal kampanye Big Ramadan Sale hingga tanggal 5 Mei 2021.
Shopee berkolaborasi untuk mendistribusikan hasil dana ini kepada mustahik bersama dengan berbagai mitra lembaga terpercaya antara lain seperti, Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Rumah Yatim dan Nu Care Lazisnu.
Shopee dan ShopeePay juga bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk menyalurkan sebagian total donasi melalui salah satu program spesial kolaborasi bertajuk “Pemberdayaan Ekonomi UMKM”.
Program ini diinisiasi sebagai perpanjangan tangan pengguna untuk dapat memberi pelaku UMKM bantuan untuk berkembang dalam bentuk pendanaan atau modal usaha, pendampingan dan edukasi wirausaha.
Irvan Nugraha, Chief Marketing Officer Rumah Zakat mengatakan, lembaganya senantiasa membuka berbagai peluang baik demi terealisasinya komitmen kami untuk dapat selalu berbagi.
Rumah Zakat sudah menjalankan kolaborasi bersama Shopee sejak Ramadan beberapa tahun lalu hingga saat ini, dan telah menerima antusiasme yang sangat positif dari para pengguna Shopee.
Tahun ini, berhasil menghadirkan kolaborasi spesial melalui program ‘Pemberdayaan Ekonomi UMKM’ bersama Shopee untuk dapat membantu dan menjaga keberlangsungan bisnis UMKM.
Hasil donasi melalui Shopee, disalurkan ke pelaku UMKM di berbagai wilayah desa berdaya di 285 kota/kabupaten dari 33 provinsi se Indonesia.
"Kami senang dapat selalu memberikan akses secara luas kepada masyarakat, khususnya pengguna Shopee yang ingin berbagi kebaikan dan berperan dalam memulihkan kembali ekonomi Indonesia," terangnya.
Kampanye Big Ramadan Sale 2021 berlangsung hingga 11 Mei 2021 dengan penawaran sehari-hari menjelang Hari Raya berupa Diskon Mulai dari 50% di 9 Mei 2021, Diskon s/d 95% untuk Produk Digital di 8 Mei 2021.
Kemudian, Diskon s/d 90% untuk kebutuhan Fashion Muslim di 7 Mei 2021, dengan kesempatan untuk berbagi kebaikan secara digital seperti zakat dan donasi, yang masih bisa dilakukan hingga 13 Mei 2021. (*)