Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

OVO, Tokopedia, dan Grab Dapat Apresiasi atas Inisiatif Perangi Covid-19

KEMENTERIAN  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ​dan ​Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ​Republik Indonesia hari ini memberikan apresiasi kepada OVO, Tokopedia ​dan ​Grab.

Ekosistem terbesar di Indonesia itu berinisiatif mendonasikan masing-masing Rp 1 miliar (total Rp 3 miliar) yang disalurkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI) dan bekerja sama dengan Benih Baik.

Apresiasi oleh pemerintah ini disampaikan dalam Virtual Town Hall yang diselenggarakan oleh OVO untuk kedua kalinya selama menerapkan sistem bekerja dari rumah (​work from home/WFH​) dan disaksikan oleh seluruh karyawan.

Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sangat mengapresiasi apa yang OVO lakukan bersama mitranya Tokopedia dan Grab. Inisiatif ini menginspirasi banyak orang dan tentunya membantu pemerintah.

Tidak hanya itu, inisiatif ini secara tidak langsung menginspirasi perusahaan lain untuk melakukan hal yang serupa. Kemenparekraf melihat peran OVO sebagai perusahaan pembayaran digital juga sangat penting dalam membantu menghambat penyebaran COVID-19, karena penggunaan uang tunai berpotensi sebagai media penyebaran virus.

"Semoga ke depannya, OVO dapat berkontribusi memberikan ide, solusi serta pemikiran untuk bekerja sama dengan Pemerintah khususnya Kemenparekraf mengatasi masalah ini,” katanya di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM RI ​mengatakan, saat ini ​pemerintah sedang menyiapkan stimulus ekonomi salah satunya dengan memperkuat daya beli masyarakat terhadap produk UMKM.

Selain itu, sedang memikirkan bagaimana warung-warung tradisional yang saat ini jumlahnya cukup banyak sekitar 3,5 juta, dapat tetap berjualan dan mendapatkan pasokan barang dari pemerintah maupun swasta.

Hal ini penting, untuk mengurangi dampak penyebaran yang lebih luas lagi, dimana warung-warung tersebut nantinya dapat membantu mendistribusikan kebutuhan pokok ke warga sekitar tanpa harus terjadinya pengumpulan massa.

Kementerian Koperasi dan UKM berterima kasih kepada OVO yang telah memberikan bantuan berupa masker dan juga fasilitas sanitasi. Pemerintah tidak tidak bisa sendiri dalam menangani situasi ini.

"Perlu adanya kerja sama pemerintah, swasta dan masyarakat, baik dalam penanganan kesehatan maupun menggerakkan perekonomian,” papar Teten.

Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur OVO ​berterima kasih atas apresiasi dari pemerintah Indonesia atas inisiatif OVO dan mitra kami Tokopedia dan Grab dalam memerangi COVID-19.

Saat ini, OVO terus berkomunikasi, menyampaikan niat dan keinginan untuk dapat ikut membantu pemerintah untuk mengatasi pandemi ini, bersama-sama seluruh komponen masyarakat lainnya.

OVO menerapkan berbagai langkah pencegahan untuk semaksimal mungkin memproteksi kesehatan, kesejahteraan, dan keberlangsungan hidup karyawan dan para mitra usaha OVO. Selain itu, menerapkan sistem bekerja dari rumah.


"Kami memastikan semua aktivitas bisnis serta koordinasi internal berjalan dengan lancar dan dilaksanakan secara virtual melalui ​video conference​, serta memastikan kelancaran aktivitas para mitra OVO termasuk mitra UKM," terangnya.

OVO merupakan platform pembayaran digital, ​rewards dan layanan finansial terdepan di Indonesia. Kini, OVO telah hadir di 115 juta perangkat dan bisa digunakan untuk mengakses pembayaran, transfer, top up dan tarik dana, serta manajemen aset dan investasi. OVO diterima di lebih dari 373 kota di Indonesia dan kami berkomitmen untuk membangun perusahaan pembayaran dan teknologi finansial terbesar di Indonesia. (*)
Auto Europe Car Rental